Fish

SELAMAT DATANG!!! ANDA ADALAH BAGIAN DARI KELUARGA KAMI

KOSAPLAWAN NEWS ADALAH MEDIA KHUSUS INVESTIGASI KASUS DAN ANALISA DATA.

SEGERA GABUNG DAN JADILAH ANGGOTA KAMI DI KOTA ANDA. HUB: 081515941888 - 082143568999

SEGERA LAPORKAN PADA KAMI JIKA ANDA MENGETAHUI SEGALA MACAM KASUS:

KASUS KRIMINAL, KASUS KORUPSI, KASUS TANAH, KASUS PENARIKAN KENDARAAN KREDIT, HUMAN TRAFFICKING, DLL.

Selasa, 31 Agustus 2010

KOSAPLAWAN NEWS

Foto Saya
kosaplawan news
ketinntang madiya 66, surabaya, Indonesia
KOSAPLAWAN NEWS adalah media yang menghadirkan berita berita yang akurat, tajam dan terpercaya. KOSAPLAWAN NEWS juga suatu lembaga LSM yang bergerak di bidang misi kemanusiaan. KOSAPLAWAN NEWS hadir untuk peduli ( melindungi )masyarakat yang tertindas dalam berbagai macam kekerasan dan kejahatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

INDONESIA SE HARUSNYA MEMILI ISRAEL DARI PADA MALESYA.



Toga Sidauruk 30 Agustus jam 1:09 Balas
Politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif seharusnya dikedepankan dalam perselisihan dengan Malaysia akhir-akhir ini.

Hendaknya politik luar negeri dilandasi oleh sikap mana yang menguntungkan buat Negara, bukan atas sikap emosional semata.

Cuma herannya menyangkut hubungan Indonesia dengan Israel dan Malaysia ada anomali yang menarik.

Israel tidak pernah merugikan Indonesia. Tidak sejengkal tanah atau pulau pun yang dirampas Israel dari Indonesia.

Akan tetapi pemerintah RI tidak mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Kalau dibandingkan hubungan negara Mesir dan Israel. Mesir adalah negara yang pernah diambil wilayahnya oleh Israel lewat Perang Enam Hari tahun 1967. Akan tetapi wilayah itu (Sinai) sudah dikembalikan oleh Israel kepada Mesir. Sekarang Mesir dan Israel bersahabat.

Begitupula dengan Yordania. Yordania adalah negara yang diserbu Israel dalam perang enam hari. Tapi sekarang adalah negara yang bersahabat dengan Israel.

Turki, adalah negara sekuler yang berpenduduk mayoritas Muslim adalah sekutu Israel. Turki bisa membangun militer yang kuat dengan bantuan Israel. Turki bisa mempertahankan wilayahnya dari aksi separatis Kurdi karena senjata-senjata canggih yang dibeli dari Israel.

Indonesia anehnya memilih bersahabat dengan Malaysia yang sejak awal berdirinya negara itu selalu mencaplok wilayah-wilayah Indonesia.

Generasi Indonesia sekarang lupa bahwa Kalimantan Utara dicaplok Malaysia dari Indonesia. Sekarang Kalimantan Utara menjadi negara bagian Sabah dan Serawak. Kemudian pulau Sipadan Ligitan juga direbut Malaysia.

Baru-baru ini dengan berani Malaysia masuk wilayah perairan Indonesia dan menangkap tiga aparat Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia yang sedang menjalankan tugas.

Indonesia harus berpikir rasional. Jika bersahabat dengan Israel, Indonesia bisa membangun militer yang kuat. Angkatan Laut Indonesia akan disegani oleh Malaysia, dan mereka tidak akan macam-macam di perairan yang merupakan kedaulatan Indonesia.

Tapi memang susah, karena banyak orang Indonesia memang pemaaf. Sudah diinjak kakinya masih bilang maaf. Dan lucunya pihak yang tidak pernah menginjak kakinya (seperti Israel) malah dianggap musuh.

Sabtu, 28 Agustus 2010

KASUS KECELAKAAN TABUNG GAS

Sabtu, 28/08/2010 13:54 WIB
Menteri ESDM : Kasus Kecelakaan Tabung Gas Relatif Kecil
Bagus Kurniawan - detikFinance



Foto: Angga/detikFinance
Yogyakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedi Saleh menyatakan kasus kecelakaan ledakan tabung gas elpiji relatif kecil dibandingkan dengan jumlah penggunan elpiji 3 Kg yang mencapai 46 juta jiwa. Namun demikian pihaknya terus akan melakukan sosialisasi penggunaan secara benar dan meminimalkan kecelakaan tersebut.

"Perlu terus dilakukan sosialisasi pemakaian atau penggunaannya secara benar," ungkap Darwin Zahedi Saleh saat acarasosialisasi penggunaan tabung gas 3 kg di Pendopo Kecamatan Pakem, Sleman, Sabtu (28/8/2010),.

Dia mengatakan menggunakan gas elpiji itu bermanfaat bila pemakaiannya secara baik dan benar. Namun bila tidak mengetahui cara penggunaan yang benar bisa berbahaya dan fatal.

"Sosialisasi pada masyarakat semacam ini  penting. Caranya bisa bermacam-macam. Yang penting masyarakat tahu dan mudah memahami cara penggunaannya secara benar," katanya.

Dia menambahkan program konversi minyak tanah ke gas secara nasional sudah hampir memenuhi target. Dengan program konversi ini, pemerintah mampu menghemat subsidi sebesar Rp 19,9 triliun. Penghematan ini bisa kita alihkan untuk program lain seperti pendidikan dan kesehatan," katanya.

Dalam acara itu juga dilakukan launching penggunaan rubberseal SNI berwarna orange serta striker petunjuk pemakaian elpiji 3 Kg di pegangan tabung. Rubberseal dan stiker akan diedarkan secara bertahap di wilayah DIY dan Jateng. Untuk tahap awal, 6,5 juta rubberseal dan 1 juta stiker akan diluncurkan. Ini merupakan kerjasama Pertamina dengan DPD IV Hiswana Migas Jateng dan DIY.

MARCELLA ZALIANTI TIDAK TINGGALKAN PUASA

Rachman Haryanto - detikhot

Gambar
Marcella (Fakhmi K/detikhot)
Jakarta Ibadah puasa tidak boleh ditinggalkan, namun pekerjaan juga tidak dilewatkan Marcella Zalianti. Sambil berpuasa, Marcella lebih suka sambil bekerja.

"Kalau bulan Ramadan gini nggak pernah mengurangi aktivitas. Malah enak kalau kita sibuk, jadi mengurangi rasa haus dan lapar," ujar Marcella ditemui di Hotel Crowne, baru-baru ini.

Bahkan beberapa waktu lalu saat harus ada pekerjaan di Australia, Marcella tidak meninggalkan puasanya. Di negara Kanguru tersebut, Marcella mendapat tantangan melawan rasa dingin selama berpuasa.

Kakak Olivia Zalianty itu bahkan sempat masuk angin karena dingin. Namun puasa tetap yang utama. Menjalankan ibadah puasa membuat kekasih Ananda Mikola itu tetap merasa bersyukur dengan apa yang didapatnya.

"Kita harus bersabar dan mensyukuri. Walaupun kita dalam keadaan prihati kita juga merasakan rasa lapar. Sehingga kita juga punya rasa bersyukur dengan apa yang kita punya," jelas Marcella.

SBY SERIUS TANGANI WNI YANG TERANCAM HUKUMAN MATI




Sabtu, 28/08/2010 16:08 WIB
Andi Arief: SBY Serius Tangani WNI yang Terancam Hukuman Mati di Malaysia
Djoko Tjiptono - detikNews
Jakarta - Tudingan bahwa Presiden SBY tidak serius menangani nasib para  TKI yang terancam hukuman mati di Malaysia dinilai tak berdasar. Sebagai Presiden, SBY sangat peduli nasib WNI di luar negeri.

"Di tahun 2005, Presiden SBY sukses melakukan diplomasi memperjuangkan nasib TKI bernama Suhaidi bin Asnawi dari hukuman mati," kata Staf Khusus Presiden bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Andi Arief, kepada detikcom, Sabtu (28/8/2010).

Menurut Andi, sikap yang sama juga akan dilakukan SBY terkait 3 TKI yang kini terancam hukuman mati di negeri jiran itu. SBY telah menginstruksikan Kemlu, dan Menakertrans memfasilitasi pertemuan dan keberangkatan pihak keluarga tiga TKI itu. 

"SBY  juga membentuk tim yang kuat dan serius. Perlindungan WNI mutlak harus dilakukan," tegas Andi.

Diakui Andi, perlu adanya peningkatan komunikasi dengan KBRI di Malaysia. Hal tersebut penting, khususnya mengenai kepastian jumlah TKI yang memiliki persoalan hukum serius di negera tersebut.

"Ini soal serius untuk didalami. Satu WNI saja sangat berharga, apa lagi mencapai ratusan.  KBRI di lain negara juga diharapkan untuk melakukan hal yang serupa," tutur Andi

Jumat, 27 Agustus 2010

FOTO SENSUAL MUNCUL DI FACEBOOK

Jakarta - Media Barat menyorot Anna Chapman lagi, mata-mata cantik Rusia yang bulan lalu dideportasi dari AS. Penyebabnya karena dia muncul untuk pemotretan majalah Zhara, versi Rusia majalah Heat. Pose-posenya sungguh menggoda, menampilkan daya pikat sensualnya.

Sejatinya, hasil pemotretan itu untuk penerbitan majalah edisi Oktober. Nantinya foto itu tidak dilengkapi dengan wawancara, sesuai perintah atasan Anna di dinas rahasia Rusia, SVR. Tapi apa lacur, sebagian pose itu malah muncul di halaman Facebook Anna. Harian Komsomolskaya Pravda mencetak ulang foto tersebut.

Maxim Korshunov, Pemred Zhara, menyatakan, majalahnya bermaksud menggugat Anna dan Komsomolskaya Pravda karena melanggar hak cipta. Anna tidak memiliki hak untuk menyebarkan foto-foto eksklusif itu secara online sebelum Zhara menerbitkannya. Demikian dilansir Nzherald, dan dikutip detikINET, Jumat (27/8/2010).

Anna telah menghapus foto-foto tersebut dan memasang status dengan menyatakan foto-foto yang dipublikasikan di internet dibuat untuk keperluan pribadinya dan orang-orang yang mempublish/mencetak/menjualnya tidak memiliki hak.

Meski demikian, tetap saja foto tersebut terlihat di Facebook Anna. Seorang teman Anna memasang link bergambar pose terbarunya dari animalnewyork.com.

Perjanjian antara pemerintah AS dengan Anna Chapman bersama 9 tersangka spion lainnya sebelum dideportasi adalah mereka dilarang menjual kisah mereka demi uang. Namun tidak jelas bagaimana perjanjian itu diterapkan di Rusia.

PLAY BOY JANJI TIDAK BUGIL LAGI

Jakarta - Bos Playboy Hugh Hefner sepertinya turut menaruh harapan besar pada produk-produk Apple. Setelah menyiapkan iPlayboy untuk iPhone, perusahaan berlambang kelinci berdasi ini dilaporkan telah merilis aplikasi majalah Playboy yang berdefinisi tinggi untuk pengguna iPad.

Dikutip detikINET dari NZ Herald, Jumat (13/8/2010), aplikasi ini rencananya akan dibanderol seharga US$ 4,99 atau sama seperti versi cetaknya.

Namun, lolosnya aplikasi dari perusahaan yang biasa menampilkan pose-pose hot itu tak serta merta disambut baik oleh para pengguna. Sejumlah perdebatan sengit pun terjadi di forum internet maupun di editorial App Store.

Meski demikian, jangan berharap ada gambar bugil di dalam aplikasi itu. Pihak Playboy sendiri telah berjanji untuk mengikuti kebijakan ketat Apple yang melarang adanya konten bugil.

Apple memang telah lama mendeklarasikan produknya bebas konten porno dengan cara memblokir pengguna untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang berbau mesum. Pasalnya, perusahaan yang digawangi Steve Jobs ini berharap produknya mendapat sambutan hangat dari keluarga dan institusi pendidikan.

SOMASI KEPADA PRESIDENNo.: 106/MPO/VIII/2010 Jakarta, 26 Agustus 2010 Lamp. : 2 (dua) lembar Hal : Surat Pengantar somasi kepada Presiden RI Kepada Yth : 1. Ketua MPR RI 2. Ketua DPR RI 3. Ketua DPD RI 4. Ketua Fraksi Demokrat di DPR RI 5. Ketua Fraksi Golkar di DPR RI 6. Ketua Fraksi PDI – P di DPR RI 7. Ketua Fraksi PKS di DPR RI 8. Ketua Fraksi PAN di DPR RI 9. Ketua Fraksi PPP di DPR RI 10. Ketua Fraksi PKB di DPR RI 11. Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI 12. Ketua Fraksi Hanura di DPR RI di Jakarta Dengan hormat, Bersama ini kami kirimkan copy dari surat No. 105/MPO-KSBSI/VIII/2010 tanggal 26 Agustus 2010, perihal somasi melaksanakan UUD 1945 yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Jend. (purn) Dr. Susilo Bambang Yudhoyono. Selanjutnya mohon perhatian untuk ditindaklanjuti. Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Hormat kami, DR. Muchtar Pakpahan,SH, MA Ketua MPO-KSBSI

WANITA PENJUAL ANAK



Frets Mirulewan August 25 at 9:57pm Reply
Ambon - Unit Buru Sergap (Buser) Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease berhasil meringkus pelaku penculikan anak, Jamilah Taputti (20) di kawasan Paradise Tengah, Kota Amboon, Senin (23/8) malam.

"Pelaku menculik seorang anak bernama Bungarian Talla (5), yang berdomisili di Desa Seith, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Anak itu ditemukan saat dititipkan pelaku di keluarga Ferdinan Tariraun (48), yang berdomisili di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku," jelas Kasat Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP George Siahaya kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (24/8).

Dijelaskan penculikan anak tersebut dilakukan saat pelaku datang berkunjung ke rumah saudaranya di Desa Seith.

"Penculikan terjadi Minggu (22/8), saat orang di rumah tersebut sementara pergi ke kebun sehingga pelaku langsung mengambil anak saudaranya dan membawa lari," jelasnya.

Setelah berhasil menculik anak tersebut, kata Siahaya, pelaku menitipkan di keluarga Ferdinan Tariraun dengan alasan akan mengambil baju milik anak itu. Akibat keluarga Tariraun menunggu terlalu lama, akhirnya mereka melaporkannya ke pemerintah desa setempat dan kemudian melaporkannya ke polisi.

"Polisi kemudian mengambil anak tersebut di Suli dan selanjutnya untuk meringkus pelaku penculikan, Saat diperiksa, pelaku mengaku menduli anak tersebut untuk diberikan kepada suaminya yang bekerja di kapal ikan," katanya.

Pelaku terancam dikenakan Undang-Undang 23 tahun 2009 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (et)

Sabtu, 21 Agustus 2010

PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI DI KISAR


Frets Mirulewan August 20 at 10:50pm Reply
Kisar: Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 65 yang ditandai dengan penancapan Bendera Merah Putih oleh Gubernur Maluku Karel Ralahalu di Kisar Kabupaten MBD, selasa 17 Agustus, besok, diyakini akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi yang baik bagi wilayah yang baru berusia setahun itu.

“ Kami sangat berysukur atas terselenggaranya, pengibaran bendera di Kisar dalam berikan perkembagan kemajuan ekonomi. Apalagi MDB merupakan Kabupaten baru namun, telah dipercayakan untuk pelaksanaan kegiatan bertaraf Internasional,” ungkap Pejabat MDB Angki Renyaan kepada Wartawan di kediamannya, hari Minggu, kemarin.

Dikatakan dia, MDB sendiri memiliki sumber daya alam (SDA) maupun Sumber Daya Laut yang sangat perlimbah. Contoh SDA, Emas, nikel, tembaga maupun SDL yang sangat berlimpah ruah, olehnya itu dengan pelaksanaan kegiatan ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai kesempatan promosi besar besaran kepada seluruh tamu lokal maupun nasional tentang potensi sumber yang sudah dititipkan oleh para leluhur.

Lanjutnya, selama ini pihak Pemerintah setempat terus melakukan komunikasi dan pertemnuan intensif dengan beberapa infestor untuk bisa menanamkan modal investasinya, bahkan hingga beberapa pekan terakhir sudah ada beberapa pengusaha yang telah melakukan survei untuk mengelola sumber-sumber di MDB sendiri.

Lanjut dia, satu hal yang masih harus menjadi perhatian bagi pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dalam melihat masalah transportasi karena selama ini, Kapal yang melayari rute MDB hanyalah Kapal-kapal perintis dengan daya tempung dan kecepatan yang relatif kecil.

Terkait persiapan pelaksanaan kegiatan, Renjaan akui pihaknya cukup mengalami kesulitan terutama terkait realisasi anggaran dari Pemerintah Provinsi yang belum sepenuhnya dicairkan. Meski begitu, Untuk penunjang persiapan tersebut, Pemerintah Kabupaten sendiri, telah melakukan berbagai kegiatan, seperti persiapan lapangan upacara untuk penancapan Bendera Merah Putih oleh Gubernur Maluku.

“ Meski kekurangan anggaran, Kami tetap berupaya untuk mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut kebutuhan pelaksnaan HUT, diharapkan seluruh masyarakat bisa turut terlibat dalam menyukseskan suatu moment dan kesempatan untuk memajukan daerah ini kedepan,” pinta Renjaan.

Sementara itu berdasarkan agenda yang diperoleh dari panitia kegiatan, Selain memimpin upacara Peringatan HUT Proklamasi, Gubernur Maluku beserta Istri Sofi Ralahalu akan melakukan serangkaian kegiatan, diantranya pelantikan pengurus KONI Kabupaten MDB, safari ramadhan, Peresmian Gedung Paud PKK MDB, serta menghadiri malam pesta rakyat.(et)

Frets Mirulewan August 20 at 10:41pm Reply


Kisar: Kendati memiliki kekayaan alam dengan hasil tambang yang cukup melimpah, namun hingga saat ini masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) masih hidup di bawah garis kemiskinan, hal ini lebih diakibatkan dari tingginya perputaran ekonomi yang sulit dijangkau oleh masyarakat.
Penjabat Bupati MBD, Angky Renjaan kepada wartawan di pandopo, hari Minggu, kemarin, mengatakan, dari 73 ribu jiwa yang ada, 57 persen masyarakatnya hidup di bawah garis kemiskinan, kondisi ini lebih diakibatkan rentannya pasokan barang yang harus diperoleh dari luar daerah berjuluk Kalwedo itu.
“ setahun Merdeka (pasca pemekaran dari kabupaten induk) Kabupaten Pemerintah MBD belum mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada, bagaimana tidak semua kebutuhan harus didatangkan dari luar daerah dengan harga yang cukup tinggi,” ungkap Renjaan.
Kondisi cuaca dengan tinggi gelombang yang tidak menentu juga ikut mempengaruhi pasokan kebutuhan dari sejumlah daerah tetangga, bahkan tanpa batas waktu yang pasti, pihak BMG terpaksa melarang aktivitas pelayaran kapal perintis tersebut.
Lanjutnya, Selain aktivitas laut, transportasi udara juga tidak sepenuhnya mendukung aktivitas perdagangan yang ada, di mana harga tiket untuk tiap penerbangan juga mencapai jutaan rupiah, hal inilah yang membuat masyarakat menengah ke bawah sulit untuk menjalankan aktivitas perekonomian akibat kesenjangan yang terjadi.
Terkait persoalan tersebut, lanjut Renjaan, pihaknya telah dan terus melakukan upaya koordinasi dan permintaan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk sesegera mungkin menjawab kesenjangan yang cukup mempengaruhi kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya itu. Namun hingga saat ini, upaya yang dilakukan belum bisa membuahkan hasil yang baik.
Meski begitu, Pria yang akan selesai dari masa tugasnya bulan September 2010 mendatang berharap, ke depan petinggi daerah yang akan menggantikan posisinya itu untuk bisa memperjuangkan seluruh program yang telah dirancang bersama pihak DPRD setempat, sehingga seluruh persoalan yang menyangkut hajat hidup masyarakat bisa terealisasi secepat mungkin, demi dan untuk perkembangan Kabupaten yang baru berusia setahun itu.
“ Saya berharap ke depan nanti, pimpinan yang akan menduduki jabatan Kepala Daerah, bisa melanjutkan program peningkatan ekonomi yang telah disetujui oleh pihak DPRD, sehingga keterisolasian yang terjadi selama ini, bisa di minimalisir.(et)

MALUKU BARAT DAYA MASIH MISKIN

Kisar: Kendati memiliki kekayaan alam dengan hasil tambang yang cukup melimpah, namun hingga saat ini masyarakat di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) masih hidup di bawah garis kemiskinan, hal ini lebih diakibatkan dari tingginya perputaran ekonomi yang sulit dijangkau oleh masyarakat.
Penjabat Bupati MBD, Angky Renjaan kepada wartawan di pandopo, hari Minggu, kemarin, mengatakan, dari 73 ribu jiwa yang ada, 57 persen masyarakatnya hidup di bawah garis kemiskinan, kondisi ini lebih diakibatkan rentannya pasokan barang yang harus diperoleh dari luar daerah berjuluk Kalwedo itu.
“ setahun Merdeka (pasca pemekaran dari kabupaten induk) Kabupaten Pemerintah MBD belum mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada, bagaimana tidak semua kebutuhan harus didatangkan dari luar daerah dengan harga yang cukup tinggi,” ungkap Renjaan.
Kondisi cuaca dengan tinggi gelombang yang tidak menentu juga ikut mempengaruhi pasokan kebutuhan dari sejumlah daerah tetangga, bahkan tanpa batas waktu yang pasti, pihak BMG terpaksa melarang aktivitas pelayaran kapal perintis tersebut.
Lanjutnya, Selain aktivitas laut, transportasi udara juga tidak sepenuhnya mendukung aktivitas perdagangan yang ada, di mana harga tiket untuk tiap penerbangan juga mencapai jutaan rupiah, hal inilah yang membuat masyarakat menengah ke bawah sulit untuk menjalankan aktivitas perekonomian akibat kesenjangan yang terjadi.
Terkait persoalan tersebut, lanjut Renjaan, pihaknya telah dan terus melakukan upaya koordinasi dan permintaan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk sesegera mungkin menjawab kesenjangan yang cukup mempengaruhi kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya itu. Namun hingga saat ini, upaya yang dilakukan belum bisa membuahkan hasil yang baik.
Meski begitu, Pria yang akan selesai dari masa tugasnya bulan September 2010 mendatang berharap, ke depan petinggi daerah yang akan menggantikan posisinya itu untuk bisa memperjuangkan seluruh program yang telah dirancang bersama pihak DPRD setempat, sehingga seluruh persoalan yang menyangkut hajat hidup masyarakat bisa terealisasi secepat mungkin, demi dan untuk perkembangan Kabupaten yang baru berusia setahun itu.
“ Saya berharap ke depan nanti, pimpinan yang akan menduduki jabatan Kepala Daerah, bisa melanjutkan program peningkatan ekonomi yang telah disetujui oleh pihak DPRD, sehingga keterisolasian yang terjadi selama ini, bisa di minimalisir.(et)

Jumat, 20 Agustus 2010

CARA MENGETAHUI ELPIJI AKAN MELEDAK

Akhir akhir ini banyak korban terus bertambah akibat ledakan elpiji. jangan sampai anda jadi korban berikutnya. untuk menghindarinya: kami punya solusi untuk anda: kami menjual alat canggi yang secara otomatis membantu anda untuk mengetahui jika elpiji akan meledak berapa menit kemudian. jadi sebelum elpiji meledak, anda duluan mengetahui berapa menit kemudian elpiji meledak sehingga anda segra keluar/menjau dari elpiji tersebut. jika anda ingin alat itu, hubungi marketing kami segra sebelum anda menjadi korban elpiji berikut. hubungi marketing kami: 085230781888.

KOROPSI

Korupsi
Lia Harahap - detikNews


Jakarta - Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo menuding Presiden SBY tidak serius memberantas korupsi jika mengobral remisi terhadap koruptor. Jika perilaku yang demikian ini tidak dihentikan, akan menjadi preseden buruk bagi pemberantasan korupsi di negeri ini.

"Soal remisi ini bukan masalah layak atau tidak layak seorang terpidana korupsi itu bebas, tapi soal konsistensi dalam memerangi korupsi. Dia sendiri yang memimpin pemberantasan korupsi, kemudian dia menjilat ludahnya sendiri dengan memberikan grasi dan remisi kepada beberapa terpidana korupsi," kata Bambang kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (20/8/2010).

Anggota Komisi III DPR ini menilai, pemberian grasi kepada beberapa orang yang diduga memiliki kaitan dengan istana seperti Aulia Pohan juga akan mencederai rasa keadilan. "Mulai dari besan sampai orang dekat Istana, Artalyta Suryani. Jadi pertanyaannya, apakah pemerintah ingin memberantas korupsi atau hanya kosmetik? Ini bisa jadi preseden buruk dan kemunduran," tegasnya.

Alih-alih memberikan efek jera kepada koruptor, pemberian gerasi dan remisi justru menunjukkan presiden tidak serius menjalankan janji kampanyenya. "Kita tuntut pada pemerintah untuk menjelaskan, kenapa memberikan remisi kepada beberapa tahanan kasus korupsi," tanya Bambang.

Bambang menampik, jika sakit bisa dijadikan alasan kemanusiaan untuk pemberian remisi. "Sakit itu bisa dibuat. Bisa saja grasi diberikan kepada Syaukani, kemudian kepada besannya (Aulia) juga," paparnya.

SBY OBRAL REMISI

Obral Remisi, Bukti SBY Tak serius Berantas Korupsi

sby.jpg
Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo menuding Presiden SBY tidak serius memberantas korupsi jika mengobral remisi terhadap koruptor. Jika perilaku yang demikian ini tidak dihentikan, akan menjadi preseden buruk.

Rabu, 18 Agustus 2010

CITA CITA KEMERDEKAAN

Hari ini genap 65-tahun proklamasi kemerdekaan '45. Proklamasi tsb hanyalah pernyataan kemerdekaan dari kolonial Belanda, tapi bukanlah kemerdekaan rakyat Indonesia dari segala bentuk penindasan. Fakta bicara, orde generasi-tua tidak ada bedanya dengan kolonial Belanda -penindas hak2 politik rakyat demi kekuasaan menguras/monopoli kekayaan Indonesia untuk kepentingan penguasa, abdi-kuasa dan kroni bisnis penguasa.

Generasi-muda idealis Indonesia harus menjadi solusi untuk membebaskan rakyat dari belenggu penindasan sistematis politikus-oligarki penghianat cita-cita kemerdekaan. Dijajah bangsa-asing mungkin dapat kita terima sebagai hal biasa, namun dijajah bangsa/pemerintahan sendiri sunggu suatu hal yang luar biasa.

SUMPAH PEMUDA 2010.
Kami generasi-muda idealis Indonesia dengan ini menyatakan revolusi melawan penindasan hak kemerdekaan Rakyat Indonesia, yaitu :

1. Hak kesamaan derajad Rakyat Indonesia.
2. Hak kebebasan Rakyat Indonesia, yaitu kebebasan berpikir, kebebasan beragama, kebebasan dari kemiskinan, dan kebebasan dari tindak-kekerasan.
3. Hak politik Rakyat Indonesia, yaitu hak memilih, hak dipilih, hak mempunyai perwakilan politik, dan hak kontrol wakil-rakyat -mencakup hak minta keterangan (interpelasi), hak mengadakan pemeriksaan (angket), hak menyatakan tidak percaya (mosi), dan hak mengajukan penuntutan hukum (impeach).

Hal-hal mengenai program perjuangan dan lain-lainnya, akan disusub secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat0singkatnya.

GUBERNUR MALUKU TANCAPKAN MERAH PUTIH DI PANTAI UHUN

Gubernur Maluku Tancapkan Merah-Putih di Pantai Uhun

Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu yang di dampingi Pangdam XVI Pattimura, Syarifuddin, Kapolda Maluku, Totoy Herawan Indra, Ketua DPRD Maluku, Fatani Sohilauw dan Danlantamal VIII Kupang, menancapkan bendera merah putih di pantai Uhun di Desa Purpura, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Kegiatan ini dilakukan usai melakukan upacara detik-detik proklamasi yang ke-65 yang berada tidak jauh dari lokasi tersebut, Selasa (17/8). Kegiatan penancapan merah putih ini merupakan rangakaian penutupan dari event Internasional Sail Banda 2010.

Menurut laporan reporter malukunews.com, Mourits Tamaela, langsung dari lokasi pantai Uhun, mengatakan, bendera merah putih yang terbuat dari tembaga, dengan tiang besi setinggi tiga meter ini, sebelumnya diarak dari dari arah laut perbatasan Pulau Kisar dan Timor Leste. Atraksi pertempuran sengit satu regu pasukan dari batalion marinir dari lantamal VIII Kupang, berhasil merebut wilayah perbatasan dan membawa sang saka merah putih untuk ditancapkan oleh kepala daerah.

Usai melakukan menancapan merah putih, Gubernur bersama para muspida dan muspika yang didampingi Wakil Menteri Perindustrian, Alex Retraubun, melakukan penandatanganan prasasti merah putih, yang nantinya akan menjadi monument bersejarah yang berada di objek wisata pantai Uhun ini. (Mourits)malukuews


Simulasi Pembebasan Warnai Peringatan Proklamasi di Kisar

Tuesday, August 17, 2010

17 Agustus 2010, Pulau Kisar -- Simulasi pembebasan pulau terluar oleh pasukan Batalyon marinir Pertahanan pangkalan (Yonmarhanlan) IX Lantamal Kupang Nusa Tenggara Timur mewarnai peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-65 tingkat provinsi Maluku, di Pulau Kisar, Maluku Barat Daya, Selasa.

Wartawan ANTARA yang meliput langsung di lokasi upacara melaporkan, peringatan detik-detik proklamasi di salah satu dari delapan pulau terluar di Maluku itu dipimpin Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu dan dihadiri Wakil Menteri Perindustrian, Aleks Retraubun, Dirjen Pengembangan Sumber Daya laut Kementrian Kelautan dan Perikanan, Adji Sularso, Pangdam XVI/Pattimura, Majen TNI. Syarifudin Hatta, Kapolda Maluku Brigjen Pol Totoy Herawan Indra.

Hadir pula Penjabat Bupati MBD Angky Renjaan serta anggota DPRD Maluku dan Maluku Barat Daya, juga tokoh agama termasuk Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Jhon Ruhulesin, Uskup Diosis Amboina Mgr. P.C. Mandagi, dan Sekretaris MUI Maluku Ibnu Alwan.

Selain itu, pengurus dan anggota OKP lintas agama, KNPI, dan ribuan warga pulau Kisar. Semua mengikuti dengan seksama jalannya upacara detik-detik Proklamasi tersebut, yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Maluku Barat Daya, sejak kabupaten ini dimekarkan dari Maluku Tengara Barat (MTB) pada 18 september 2008.

Aksi pembebasan

Dalam peringatan HUT Proklamasi tersebut diskenariokan bahwa Pulau Kisar sebagai pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste diserang kelompok musuh yang ingin mengusai wilayah itu dan melepaskannya dari pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasukan elit TNI-AL itu pun kemudian diterjunkan untuk menumpas musuh dan merebut kembali pulau tersebut, melalui jalur laut dan mendarat di lapangan pantai Uhun, Desa Purpura, Pulau Kisar.

Pengiriman pasukan elit itu dipandang perlu dilakukan karena saat bersamaan Gubernur Maluku bersama sejumlah pejabat TNI/Polri dan tokoh agama sedang berada di daerah itu untuk menghadiri peringatan detik-detik Proklamasi, juga terancam keselamatannya.

Dengan menggunakan sejumlah peralatan tempur pasukkan elit itu mendarat di pesisir pulau Kisar, tetapi mereka dihadang tembakan beruntun musuh yang bersembunyi di perbukitan batu sepanjang bibir pantai Pulau Kisar.

Aksi kontak tembak pun tidak dapat dielakkan dan korban jiwa pun berjatuhan, serta dengan semangat juang yang tinggi musuh dapat dilumpuhkan dan Bendera Merah-Putih dapat direbut kembali.

Bendera tersebut kemudian diserahkan oleh pasukan Yonmarhanlan kepada Gubernur Karel Albert Ralahalu untuk di tancapkan diatas pulau itu, sebagai bentuk kekuasaan negara atas wilayah itu.

Dengan diaksikan ribuan warga Gubernur Ralahalu didampingi Kapolda Herawan Indra, Pangdam Syafruddin Hatta serta tiokoh agama dan pemuka masyarakat dan pemuda, menancap bendera merah putih di pesisir pantai itu dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pulau pulau terluar.

Acara detik-detik proklamasi brlangsung meriah dan diisi pelepasan ribuan balon merah-putih oleh pasukan berkuda yang umumnya merupakan masyarakat setempat.

Sedangkan pengibaran duplikat bendera Merah Putih dilakukan siswa-siswi SMU Negeri I Pulau Pulau Terselatan dan yang dipercayakan pembawa duplikat bendera untuk dikibarkan yakni Cindy Lokarleky.

Komitmen NKRI

Gubernur Ralahalu dalam kesempatan itu, menegaskan, ditunjuknya Pulau Kisar sebagai lokasi peringatan HUT Proklamasi tahun 2010, sebagai bentuk komitmen pemerintah dan masyarakat di Maluku termasuk di Pulau Kisar sebagai poulau terluar untuk tetap berada dalam bingkai NKRI.

“Ini wujud komitmen bersama untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI termasuk di wilayah perbatasan dengan Australia dan Timor Leste ini,” katanya.

Simulasi yang dilakukan pun menurutnya, sebagai bentuk kesiapan aparat keamanan untuk mengantisipasi berbagai gangguan yang datang dan akan berdampak memisahkan wilayah NKRI.

Menurut Ralahalu, penetapan Kisar sebagai lokasi peringatan HUT Kemerdekaan ke-65 di sela-sela peringatan detik-detik Proklamasi tingkat provinsi Maluku juga menandai berakhirnya kegiatan pelayaran bertaraf internasional Sail Banda, selain bentuk perhatian pemerintah pusat dan daerah terhadap keberadaan masyarakat di wilayah terluar.

“Pemerintah pusat dan provinsi Maluku serius memperhatikan masa depan dan kesejahteraan anak bangsa di wilayah pulau-pulau terluar dalam bingkai NKRI,” kata Ralahalu.

Selasa, 17 Agustus 2010

SANG SAKA MERA PUTI BERKIBAR

DIRGAHAYU BANGSAKU

Saudara-saudara saya sudah tua, sudah 61 tahun. Dan saya tidak mengetahui Allah SWT akan memberi umur berapa lama lagi kepada saya. Cuma saya ketahui bahwa tiap-tiap manusia, bahkan tiap-tiap mahluk hidup di dunia ini akhirnya akan dipanggil kembali oleh Allah SWT. Entah setahun lagi, entah satu hari lagi, entah 10 tahun lagi, entah 20 tahun lagi, itu saya tidak tahu...

Tetapi saya mengetahui bahwa Revolusi Indonesia belum selesai dan bahwa selesainya Revolusi Indonesia itu masih akan makan bertahun-tahun lagi. Ini perlu dilenyapkan, dilenyapkan oleh Saudara-saudara sekalian, bahwa Revolusi Indonesia tidak akan selesai dalam satu dua hari, bahwa Revolusi Indonesia itu memang belum selesai, bahwa Revolusi Indonesia itu sudah bertahun-tahun berjalan, tetapi masih akan berjalan bertahun-tahun lagi. Sebabnya ialah oleh karena Revolusi Indonesia itu adalah revolusi yang besar, bukan revolusi yang kecil-kecilan, bukan revolusi peyeum, dulur-dulur, tetapi revolusi maha besar. Dan sudah sering saya katakan bahwa Revolusi Indonesia adalah revolusi Pancamuka, revolusi multikompleks, revolusi yang bermuka banyak, ya revolusi nasional, ya revolusi politik, ya revolusi ekonomi, ya revolusi sosial, ya revolusi membentuk manusia Indonesia baru. Revolusi yang demikian ini tidak akan selesai dalam tempo satu dua tahun. Revolusi yang demikian ini akan memakan berpuluh-puluh tahun....

Revolusi nasional kita memang belum selesai. Semoga tidak seorangpun dari bangsa Indonesia melupakan hal ini !

Sosialisme bukan benda yang jatuh dari langit, 20 Mei 1963

DIRGAHAYU BANGSAKU..DIRGAHAYU NEGERIKU..

INDONESIA BERDASARKAN PANCASILA

oleh Ir. Soekarno pada 24 Oktober 2009 jam 1:08

Saudara-saudara, jikalau aku meninggal nanti –
ini hanya Tuhan yang mengetahui, dan tidak bisa dielakkan semua orang
– jikalau ditanya oleh malaekat: “Hai, Sukarno, tatkala engkau hidup di dunia,
engkau telah mengerjakan beberapa pekerjaan.
Pekerjaan apa yang paling engkau cintai?
Pekerjaan apa yang paling engkau kagumi?
Pekerjaan apa yang engkau paling ucapkan syukur kepada Allah SWT?”

Moga-moga, Saudara-saudara, aku bisa menjawab –
ya bisa menjawab demikian atau tidak itupun tergantung dari Allah SWT:
“Tatkala aku hidup di dunia ini, aku telah ikut membentuk Negara Republik Indonesia.
Aku telah ikut membentuk satu wadah bagi masyarakat Indonesia.”
Sebagai sering kukatakan, Saudara-saudara, negara adalah wadah.
Jikalau aku diberi karunia oleh Allah SWT mengerjakan pekerjaan satu ini saja,
Allahu’akbar, aku akan berterima kasih setinggi langit…

Wadah yang bernama negara, negara yang bernama Republik Indonesia itu adalah wadah untuk masyarakat Indonesia yang berpenduduk 80 juta, dari Sabang sampai ke Merauke.
Dan masyarakat Indonesia ini beraneka agama, beraneka adat-istiadat, beraneka suku.
Bertahun-tahun aku ikut memikirkan ini.
Nanti, jikalau Allah SWT memberikan kemerdekaan kepada kita,
jikalau Negara Republik Indonesia telah bisa berdiri,
negara ini supaya selamat, agar bisa menjadi wadah bagi segenap rakyat Indonesia yang 80 juta, negara ini harus didasarkan apa?

Aku tidak menyesal, bahwa aku telah memformulir Pancasila.
Apa sebab? Barangkali lebih dari siapa pun di Indonesia ini,
aku mengetahui akan keanekaan Bangsa Indonesia ini.

oleh Ir. Soekarno pada 24 Oktober 2009 jam 1:08
Apa Sebab Negara Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila


Saudara-saudara, jikalau aku meninggal nanti –
ini hanya Tuhan yang mengetahui, dan tidak bisa dielakkan semua orang
– jikalau ditanya oleh malaekat: “Hai, Sukarno, tatkala engkau hidup di dunia,
engkau telah mengerjakan beberapa pekerjaan.
Pekerjaan apa yang paling engkau cintai?
Pekerjaan apa yang paling engkau kagumi?
Pekerjaan apa yang engkau paling ucapkan syukur kepada Allah SWT?”

Moga-moga, Saudara-saudara, aku bisa menjawab –
ya bisa menjawab demikian atau tidak itupun tergantung dari Allah SWT:
“Tatkala aku hidup di dunia ini, aku telah ikut membentuk Negara Republik Indonesia.
Aku telah ikut membentuk satu wadah bagi masyarakat Indonesia.”
Sebagai sering kukatakan, Saudara-saudara, negara adalah wadah.
Jikalau aku diberi karunia oleh Allah SWT mengerjakan pekerjaan satu ini saja,
Allahu’akbar, aku akan berterima kasih setinggi langit…

Wadah yang bernama negara, negara yang bernama Republik Indonesia itu adalah wadah untuk masyarakat Indonesia yang berpenduduk 80 juta, dari Sabang sampai ke Merauke.
Dan masyarakat Indonesia ini beraneka agama, beraneka adat-istiadat, beraneka suku.
Bertahun-tahun aku ikut memikirkan ini.
Nanti, jikalau Allah SWT memberikan kemerdekaan kepada kita,
jikalau Negara Republik Indonesia telah bisa berdiri,
negara ini supaya selamat, agar bisa menjadi wadah bagi segenap rakyat Indonesia yang 80 juta, negara ini harus didasarkan apa?

Aku tidak menyesal, bahwa aku telah memformulir Pancasila.
Apa sebab? Barangkali lebih dari siapa pun di Indonesia ini,
aku mengetahui akan keanekaan Bangsa Indonesia ini.

KESAKSIAN MISKIN MENJADI KAYA

Aku dibesarkan dari lingkungan keluarga yang mengalami kesulitan ekonomi. Keluargaku sering berpindah-pindah karena kondisi ekonomi yang tidak pernah membaik. Karena tidak memiliki dana, aku hanya sanggup bersekolah sampai kelas 5 SD. Kemudian di usiaku yang ke 12, aku pindah ke daerah Cikampek untuk mencari pekerjaan, tapi semuanya sia-sia. Tidak ada perusahaan yang mau memperkerjakanku karena aku hanya tamatan kelas 5 SD.

Akhirnya aku hanya menjadi tukang rokok di terminal dan menjadi kuli bangunan demi mencukupi kebutuhan hidupku. Hal itu berlangsung sangat lama, sampai pada puncak penderitaanku di tahun 1973. Ayahku meninggal dunia dan hal itu menjadi tekanan yang sangat besar buatku. Sejak saat itu sifatku berubah total. Aku menjadi seorang pemarah. Emosiku tidak dapat terkendali dengan baik, bahkan aku menjadi mudah tersinggung.

Di usiaku yang ke 14 tahun, aku pergi merantau ke Pamanukan dan bekerja di sebuah toko kelontong milik seorang berkebangsaan Cina. Satu setengah tahun kemudian aku kembali ke Cikampek dan menjadi kondektur angkutan umum.

Ketekunan menjalani proses hidup

Ternyata di balik segala kesusahan yang aku alami, Tuhan punya rencana yang luar biasa dalam hidupku. Pada suatu hari aku merasa kasihan pada seorang pendeta di dekat rumahku. Jemaatnya hanya sedikit, bahkan bisa dihitung dalam hitungan jari. Akhirnya, aku memutuskan untuk datang ke gereja karena ingin memenuhi tempat kosong disana. Semakin sering aku datang ke gereja, ternyata Firman Tuhan yang dibawakan selalu menyentuh hatiku dan aku terus mendapat pengajaran tentang siapa itu Yesus.

Dari saat itulah hidupku diubahkan. Aku merasakan kuasa Tuhan yang luar biasa dalam hidupku. Di tengah penderitaanku ini, Ia tetap menyertaiku dan terus menjagaiku. Buktinya, sampai saat ini aku masih dapat hidup dan bernapas. Akhirnya, 5 Maret 1978 aku menyerahkan diriku padaNya dan dibaptis serta mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat dalam kehidupanku.

Setelah menerima Yesus dalam hidupku, kehidupanku mulai mengalami perubahan yang luar biasa. Ada kuasa damai sejahtera yang melingkupi kehidupanku. Perubahan yang terbesar adalah di bidang ekonomiku. Aku mengawali usahaku dengan mulai berjualan es yang kutitipkan di warung-warung kecil untuk dijual. Berkat ketekunanku di dalam Tuhan, aku berhasil memperoleh keuntungan yang cukup besar sehingga aku dapat membeli bahan mentah, yaitu kayu, dan mengolahnya menjadi barang jadi, seperti lemari dan sebagainya. Dari usaha itu aku dapat membeli sepeda motor. Kuasa Tuhan memang luar biasa dalam hidupku.

Karena kasih Tuhan sangat kurasakan dalam hidupku, aku memutuskan untuk taat datang beribadah ke gereja. Di sanalah aku menemukan pasangan hidup, tulang rusukku. Tahun 1981, aku menikah dengan Cindra Ningsih, wanita yang kukenal di gereja. Satu tahun kemudian kami dikaruniai seorang anak yang luar biasa, dan 6 tahun kemudian lahirlah anak kami yang kedua. Kami menjadikan Yesus sebagai kepala keluarga dalam kehidupan keluarga kami dan aku sangat bersyukur karena kasih Tuhan yang luar biasa mengalir dalam keluargaku.

Masa depan penuh harapan menjadi milikku

Setelah sekian lama hidupku terbelenggu kemiskinan dan menjalani kehidupan yang penuh perjuangan, aku menjadi semakin yakin bahwa kuasa Tuhan memang dahsyat dalam hidupku. Sejak aku menyerahkan hidupku bagiNya, ada banyak berkat yang kuperoleh. Setelah menikah, mertuaku memberi sejumlah uang untuk modal usaha. Dari modal tersebut, aku membeli sebuah kios kecil. Sedangkan aku masih tinggal di rumah mertuaku. Usaha pertamaku saat itu adalah menjadi pedagang makanan ringan eceran. Dari usahaku itu, aku bisa mengembalikan modal yang diberikan oleh mertuaku hanya dalam jangka waktu 1 tahun. Kemudian usahaku meningkat menjadi pedagang grosiran. Dari hasil itu aku dapat membeli sebuah mobil box tipe HIZ 1000 secara kredit selama satu tahun.

Karena kuasa Tuhan benar-benar luar biasa dalam hidupku, enam bulan kemudian aku sanggup membeli sebuah mobil box lagi, Toyota L300, secara tunai. Tidak hanya sampai disitu, aku dapat membeli sebuah mobil box lagi dengan ukuran yang lebih besar. Kemudian, tahun 1990 aku dapat membeli rumah dan tahun 1996 aku bisa merasakan jalan - jalan ke Thailand dan Singapore. Tahun 1997 aku mendapat kesempatan untuk merasakan keindahan Hongkong, Swiss, dan Paris. Bahkan, aku dapat menyekolahkan anak pertamaku sampai meraih S1 di STIEB dan membelikannya sebuah mobil Suzuki Katana. Sedangkan anak keduaku saat ini duduk di bangku SMA di Bandung.

Berkat Tuhan juga mengalir begitu ajaib sampai saat ini. Aku sekarang telah memiliki mobil Mitsubishi Kuda dan BMW. Karena tuntunanNya dalam hidupku, aku berhasil menjadi salah seorang pengusaha makanan ringan yang sukses di wilayah Cikampek. Dan berkat kekuatanNya atasku, aku tidak menjadi orang yang sombong karena aku tahu apa yang aku miliki saat ini bukanlah milikku, tapi milikNya yang dititipkan padaku.

Melayani Tuhan

Sebagai bukti pengabdianku padaNya, aku menjadi pelayan Tuhan sebagai ketua kaum pria dan ketua sidang majelis, sebagai ketua pelayanan pengusaha untuk wilayah Subang, Karawang, dan Purwakarta, dan juga aktif terlibat dalam yayasan yang melayani di bidang hubungan masyarakat di wilayah Cikampek. Satu yang pasti di balik kesuksesanku adalah bahwa Tuhan satu-satunya kunci dari semuanya itu.

Sumber kesaksian :
Toto Sukanto

DIRGAHAYU NEGARA KESATUAN RI

DIRGAHAYU NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA Ke-65, Kemerdekaan dan atau Kemenangan bukanlah hanya ketika kita berhasil mengalahkan lawan di suatu pertandingan. Dan, bukan hanya ketika kita berhasil mencapai prestasi terbaik. Bahkan, bukan hanya ketika kita berhasil mendapatkan semua yang kita inginkan dalam hidup ini sebagai sebuah bangsa. Tapi, kemenangan adalah saat di mana kita dapat melawan suatu kegagalan. Saat dimana kita dapat mengatasi musibah. Saat dimana kita bersama dapat bangkit dari suatu keadaan yang menyedihkan. Dan, saat dimana kita merasa sangat terpuruk namun kita mampu berjuang menghancurkan semua cobaan itu dan terus menatap hari depan sebagai sebuah bangsa besar.

Kemenangan adalah saat di mana kita dapat menjadikan itu semua sebagai pertanda betapa sayangnya Tuhan kepada kita bangsa Indonesia. Saat dimana kita menyadari betapa kita dapat belajar banyak dari semua kegagalan-kegagalan yang kita alami sebagai bangsa.

Dan, kemenangan adalah saat dimana kita terus melangkah begitu mantap dan yakin bahwa kita begitu hebat untuk sekedar melawan suatu kegagalan kecil. Saat dimana kita dapat mengalahkan diri kita sendiri. Karena kegagalanlah yang membuat kita sadar dimana kita berada ........!!! Salam Merah Putih,
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA...!. MERDEKA..... MERDEKA.... MERDEKA...

RAPERDA DI KIRIM KE BAMUS

BENOWO - Pansus raperda pelayanan kesehatan Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada (RS BDH) akhirnya mengalah. Mereka berjanji mempercepat pembahasan raperda. Langkah tersebut bakal diikuti pengiriman raperda ke badan musyawarah (bamus).

Upaya mempercepat pembahasan itu dilakukan lantaran dewan tidak ingin terkesan menghalangi-halangi pengoperasian rumah sakit. Ketua Pansus RS BDH Blegur Priyanggono menyatakan sebenarnya menyayangkan langkah pemkot yang tergesa-gesa melakukan soft launching RS BDH.

Menurut Blegur, mestinya soft launching itu juga diikuti pengoperasian rumah sakit secara utuh. Artinya, RS BDH tidak hanya bisa melayani pasien jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat). ''Tapi, kalau mereka (pemkot) maunya seperti itu, ya terserah,'' ujarnya.

Kini pansus mau tidak mau harus mempercepat pembahasan raperda. Sebab, jika RS BDH diresmikan, masyarakat pasti berharap rumah sakit itu bisa 100 persen dioperasikan untuk warga Surabaya. Tidak hanya menangani pasien jamkesmas.

Blegur menambahkan, pembahasan raperda saat ini sudah selesai. Politikus asal Partai Golkar itu menargetkan, akhir Agustus ini raperda sudah digedok DPRD Surabaya. Dengan begitu, awal September mendatang RS BDH sudah bisa beroperasi 100 persen. (gun/c7/ttg)

PELIHARA TOLERANSI ANTAR AGAMA

Parlemen Eropa telah mengakui, bahwasanya demokrasi di Indonesia dapat berkembang karena meskipun mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia bukan negara Islam. Untuk itu, ruang bagi semangat toleransi, tepa-selira dan saling menghargai lebih terbuka lebar. Hal tersebut tertuang melalui Pancasila yang mencakup semua aspek kehidupan, mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan sosial. Kunci lain adalah Islam yang berkembang di Indonesia adalah Islam moderat, Islam yang terbuka terhadap perbedaan. Islam di Indonesia dapat menyeimbangkan kepercayaan dan toleransi. Presiden Republik Indonesia telah menyerukan untuk mendorong semangat toleransi dan kerjasama antara agama dan kepercayaan. Pertama, para pemimpin dunia harus memperkuat berbagai dialog antara budaya, agama, dan peradaban yang telah terselenggara. Ke-dua, para pemimpin politik dan keagamaan harus secara lantang menentang tindakan diskriminasi dan intoleransi. Ke-tiga,kekuatan kelompok moderat harus terus disebarkan ke seluruh dunia, dengan toleransi dan moderasi hendaknya sudah dikenalkan kepada generasi penerus sejak dini. Ke-empat, modernisasi dan globalisasi harus dapat dinikmati oleh semua pihak" (Kutipan dari: debat terbuka bertema "Increasing Understanding between Islam and the West" yang diselenggarakan oleh Parlemen Eropa bekerjasama dengan International Council for Inter-Religious Cooperation (ICIRC) di kantor Parlemen Eropa, Brussel, 8 Juni 2010).

Maka dari itu, kami – Masyarakat Indonesia di Republik Federal Jerman – menyerukan:

1. Pelihara toleransi antar agama, antar kesukuan di dalam masyarakat majemuk multikultural dan multireligius di Indonesia !

2. Jangan mempergunakan agama untuk kepentingan-kepentingan politik!

3. Harusbersikap tegas dalam melaksanakan "Enforcement of Law" dan mencegah pelanggaran-pelanggaran hukum yang mengganggu kerukunan beragama di tanah air kita! Polri harus menghentikan aksi anarkis massa dan memberikan perlindungan penuh pada setiap kegiatan ibadah setiap agama/kepercayaan, yang dijaminkebebasannya oleh UUD 1945!

4. Melarang ormas-ormas radikal, yang mempergunakan agama, untuk kepentingan politik dan membubarkan ormas-ormas yang telah terbukti mengganggu ketentraman hidup antaragama dan kepercayaan

RS BDH DI RESMIKAN

Tanpa Perda, Layani Pasien Jamkesmas
RS BDH Diresmikan pada 26 Agustus

BENOWO - Penantian panjang masyarakat Surabaya Barat akan fasilitas kesehatan yang memadai segera berakhir. Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada (RS BDH) yang selama ini menjadi perdebatan antara pemkot dan DPRD dipastikan di-launching pada 26 Agustus mendatang.

Kepastian beroperasinya rumah sakit yang pembangunannya menelan dana lebih Rp 100 miliar itu disampaikan Direktur RS BDH drg Rias Arimukti. Dia mengatakan bahwa jadwal launching sudah diputuskan dalam rapat dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya.

Menurut Rias, sebelum memilih 26 Agustus sebagai waktu peresmian, peserta rapat memutuskan tanggal lain. Yakni, 20 Agustus. Namun, karena sejumlah pertimbangan, jadwalnya dimundurkan.

Meski sudah di-launching, RS BDH tak bisa beroperasi secara penuh. Sebab, raperda (rancangan peraturan daerah) yang mengatur pengoperasian rumah sakit saat ini masih nyantol di DPRD Kota Surabaya. Untuk sementara, RS BDH hanya melayani pasien jamkesmas. ''Kalau untuk jamkesmas, tidak perlu perda,'' tutur alumnus FKG Universitas Airlangga tersebut.

Untuk persiapan peresmian, rencananya hari ini (16/8) pihaknya mengirimkan tim ke Jakarta untuk memgambil software pelayanan jamkesmas. Rias menagatakan, sistem pelayanan jamkesmas memang harus mengacu pusat. Itu berbeda dengan layanan umum yang bisa diputuskan di tingkat bawah.

Dia menambahkan, pelayanan umum sebenarnya bisa dilaksanakan tanpa menunggu perda. ''Untuk seluruh administrasi pelayanan, kami bisa copy paste dari RSUD dr M. Soewandhi,'' ujarnya.

Sebab, RSUD dr M. Soewandhi memang telah memiliki standar layanan yang diatur dalam perda. Namun, pihaknya takut dianggap menyalahi peraturan, meski dua rumah sakit tersebut sama-sama bertipe C.

Sementara itu, Kasubbag Umum dan Kepegawaian RS BDH Indra Sigit Herlambang menuturkan, dua bulan lalu ada beberapa warga yang kecele. Mereka mengira RS BDH telah beroperasi. Akhirnya warga tersebut tetap dilayani bagian UGD. ''Kasihan Mas, mereka sudah sepuh semua, masak disuruh pulang,'' kata Indra.

Sejak saat itu, manajemen RS BDH menutup tulisan RS di bagian depan dengan kain. Tujuannya, tidak ada lagi warga yang kecele. Penutup tersebut dibuka setelah peresmian.

Dihubungi terpisah, Ketua Pansus RS BDH Blegur Prijanggono menyatakan, pihaknya belum mendapat informasi terkait dengan rencana peresmian yang dilakukan pada 26 Agustus mendatang. Menurut dia, setelah diresmikan nanti rumah sakit itu hanya membuka layanan khusus untuk jamkesmas, tapi tetap harus mengacu pada peraturan daerah (perda). Perda yang nanti mengatur semua pelayanan.

Pihaknya menyerahkan semuanya kepada pemerintah kota. ''Mungkin mereka mempunyai dasar tersendiri dalam melakukan peresmian itu. Silakan saja kalau mau diresmikan," jelasnya.

Blegur mengatakan, dewan tidak akan melarang rencana tersebut karena kewenangan ada di tangan pemkot. Namun, dia akan melihat apa yang dilakukan setelah peresmian. ''Kalau nanti tidak sesuai perda, bisa dianggap menyalahi aturan. Ya kami lihat saja nanti," katanya dengan nada tegas.

Seperti diberitakan, RS BDH dijadwalkan beroperasi pada 30 Januari lalu. Namun, rencana itu batal karena raperda rumah sakit tersebut nyantol di dewan. (byu/lum/c7/fid

Senin, 16 Agustus 2010

PENTING UNTUK ORANG SAHUR

Tidak jarang orang enggan bangun untuk makan sahur karena merasa masih kenyang dan sebagainya. Padahal makan sahur sangat penting untuk mengimbangi zat gizi yang diperoleh tubuh selama sehari berpuasa. Makan sahur janganlah asal kenyang, tetapi harus bergizi tinggi. Hidangan atau menu sahur harus bisa menjadi cadangan kalori dan protein serta membuat lambung tidak cepat hampa makanan. Dengan demikian, rasa lapar tidak cepat dirasakan. Makan sahur haruslah yang cukup mengandung protein dan lemak.

Penting juga diperhatikan makan-makanan sahur jangan berkuah, kurang bagus karena bisa mempengaruhi nafsu makan, menyebabkan asupan kalori berkurang. Idealnya seseorang dalam satu hari mengkonsumsi 2100 kalori terhitung 100%. Begitu juga seseorang yang menjalankan ibadah puasa juga harus memenuhi asupan kalori tersebut

Jangan lupa sertakan MELIA PROPOLIS dalam setiap sahur Anda, karena kandungan Propolis bagi manusia adalah :
Suplementasi; mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh dan mengaktifkan kelenjar Thymus. Zat-zat tersebut adalah :
- Semua vitamin kecuali vitamin K.
- Semua mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
- 16 rantai Asam Amino Essensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.
- Bioflavonoid, yaitu zat anti oksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

Selamat menjalankan ibadah puasa..

KESAKSIAN NYATA

Pada suatu malam Budi, seorang eksekutif sukses, seperti biasanya sibuk memperhatikan berkas-berkas pekerjaan kantor yang dibawanya pulang ke rumah. Dia sedang mempersiapkan rapat umum yang sangat penting dengan para pemegang saham yang akan diadakan besok pagi. Ketika ia sedang asyik menyeleksi dokumen kantor tersebut, putrinya Jessica datang mendekatinya, berdiri tepat di sampingnya sambil memegang buku cerita baru. Buku itu bergambar seorang peri kecil yang imut dan sangat menarik perhatian Jessica.

"Pa liat!" Jessica berusaha menarik perhatian ayahnya.

Budi menengok ke arahnya sambil menurunkan kacamatanya. Kalimat yang keluar hanyalah kalimat basa-basi, "Wah,.. buku baru ya Jes?"

"Ya papa", Jessica berseri-seri karena merasa ada tanggapan dari ayahnya.

"Bacain Jessi dong Pa", pinta Jessica lembut.

"Wah papa sedang sibuk sekali, jangan sekarang deh" sanggah Budi dengan cepat. Lalu ia segera mengalihkan perhatiannya pada kertas-kertas yang berserakan di depannya, dengan serius.

Jessica bengong sejenak, namun ia belum menyerah. Dengan suara lembut dan sedikit manja ia kembali merayu, "Pa, mama bilang papa mau baca untuk Jessi..".

Budi mulai agak kesal, "Jes, papa sibuk. Sekarang Jessi suruh mama baca ya?"

"Pa, mama cibuk terus, papa liat deh gambarnya lucu-lucu!"

"Lain kali Jessica, sana! Papa lagi banyak kerjaan". Budi berusaha memusatkan perhatiannya pada lembar-lembar kertas tadi.

Menit demi menit berlalu. Jessica menarik nafas panjang dan tetap di situ, berdiri di tempatnya penuh harap. Dan tiba-tiba ia mulai lagi, "Pa,..gambarnya bagus. Papa pasti suka".

"Jessica, PAPA BILANG, LAIN KALI!!" kata Budi membentaknya dengan keras. Kali ini Budi berhasil.

Semangat Jessica kecil terkulai. Dia hampir menangis dan dengan mata berkaca-kaca, ia bergeser menjauhi ayahnya "Iya pa,.. lain kali ya pa?" Ia masih sempat mendekati ayahnya dan sambil menyentuh lembut tangan ayahnya ia menaruh buku cerita di pangkuan sang Ayah. "Pa, kalau papa ada waktu, papa baca keras-keras ya pa, supaya Jessica bisa denger".

Hari demi hari berlalu dan tanpa terasa dua pekan telah berlalu namun permintaan Jessica kecil tidak pernah terpenuhi. Buku cerita ‘Peri Imut' belum pernah dibacakan bagi dirinya.

Hingga pada suatu sore terdengar suara hentakan keras "Buukk!!". Beberapa tetangga melaporkan dengan histeris bahwa Jessica kecil terlindas kendaraan seorang pemuda mabuk yang melajukan kendaraannya dengan kencang di depan rumah Budi. Tubuh Jessica mungil terhentak beberapa meter. Dalam keadaan yang begitu panik ambulance didatangkan secepatnya.

Selama perjalanan menuju rumah sakit, Jessica kecil sempat berkata dengan begitu lirih, "Jessi takut Pa, Jessi takut Ma, Jessi sayang papa mama". Darah segar terus keluar dari mulutnya hingga ia tidak tertolong lagi ketika sampai di rumah sakit terdekat.

Kejadian hari itu begitu mengguncangkan hati nurani Budi. Tidak ada lagi waktu tersisa untuk memenuhi sebuah janji. Kini yang ada hanyalah penyesalan. Permintaan sang buah hati yang sangat sederhana pun tidak terpenuhi. Masih segar terbayang dalam ingatan Budi tangan mungil anaknya yang memohon untuk dibacakan sebuah cerita. Kini sentuhan itu terasa sangat berarti sekali, "Papa baca keras-keras ya pa, supaya Jessica bisa denger". Kata-kata Jessi terngiang-ngiang kembali.

Sore itu setelah segalanya telah berlalu, yang tersisa hanyalah keheningan dan kesunyian hati. Canda dan riang Jessica kecil tidak akan terdengar lagi. Budi mulai membuka buku cerita ‘Peri Imut' yang diambilnya perlahan dari onggokan mainan Jessica di pojok ruangan. Bukunya sudah tidak baru lagi. Sampulnya sudah usang dan koyak. Beberapa coretan tak berbentuk menghiasi lembar-lembar halamannya seperti sebuah kenangan indah dari Jessica kecil.

Budi menguatkan hati. Dengan mata yang berkaca-kaca, ia membuka halaman pertama dan membacanya dengan sura keras. Tampak sekali ia berusaha membacanya dengan keras. Ia terus membacanya dengan suara keras halaman demi halaman dengan berlinang air mata.

"Jessi dengar papa baca ya." Selang beberapa kata,.. hatinya memohon lagi, "Jessi, papa mohon ampun nak,... papa sayang Jessi." Seakan setiap kata dalam bacaan itu begitu menggores lubuk hatinya. Tak kuasa menahan itu, Budi bersujud dan menangis, memohon satu kesempatan lagi untuk mencintai. Seseorang yang mengasihi selalu mengalikan kesenangan dan membagi kesedihan kita. Ia selalu memberi PERHATIAN kepada kita karena ia peduli kepada kita.

ADAKAH ‘PERHATIAN TERBAIK' ITU BEGITU MAHAL BAGI MEREKA? BERILAH ‘PERHATIAN TERBAIK' WALAUPUN ITU HANYA SEKALI. Bukankah kesempatan untuk memberi perhatian kepada orang-orang yang kita cintai itu sangat berharga?

DO IT NOW! Berilah ‘PERHATIAN TERBAIK' bagi mereka yang kita cintai. LAKUKAN SEKARANG!! KARENA HANYA ADA SATU KESEMPATAN UNTUK MEMPERHATIKAN DENGAN HATI KITA

PEMDERITA MAAG

Penderita maag disarankan memiliki gaya hidup sehat, makan sedikit frekuensi sering, tiap makan hanya penuh sekitar 70%. Sarapan yang bergizi,makan siang yang kenyang,makan malam yang sedikit, hindari makan dan minum terlalu banyak, makan tepat waktu, hindari yang terlalu pedas, berminyak,makanan yang diasap (BBQ),yang terlalu asam, yang terlalu dingin, dan beberapa yang terlalu keras, tidak minum arak, nasi sedikit sayur banyak, dan hindari kopi. Banyak konsumsi makanan berserat dan bervitamin mis tomat.
Sertakan propolis untuk penyembuhan penyakit maag Anda

CINTA ITU BUTA?

Konon katanya pacaran itu adalah masa-masa yang paling indah, di mana setiap hari yang dirasakan hanyalah cinta dan cinta. Sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa cinta itu bisa membuat seseorang buta. Hmm, tapi cinta itu tidak buta, tapi terkadang kita sendiri yang membiarkan mata kita tidak melihat kenyataan...

Hari ini adalah tahun ke-6 Ratna berpacaran dengan Rudi, mereka sudah menjadi dua sejoli yang tidak mungkin dapat dipisahkan lagi. Apalagi merekapun sudah merencanakan akan menikah 2 tahun lagi. Ratna begitu mempercayai Rudi, baginya Rudi adalah pria terbaik dalam hidupnya dan sepertinya tidak akan ada lagi pria lain yang dapat mengisi hari-harinya. Baginya Rudi adalah segalanya, nafasnya, detak jantungnya, sampai-sampai Ratna sudah sangat tergantung dengan Rudi sepenuhnya..

Namun hari itu Ratna seperti mendapat petir di siang bolong, ya Ratna sangat terkejut dengan pengakuan Rudi yang mengakui bahwa selama mereka berhubungan ternyata di tahun ke-4 Rudipun menjalin hubungan dengan wanita lain, ya, perselingkuhan tepatnya.. Ratna tidak percaya, Ratna sakit hati, hatinya benar-benar hancur berkeping-keping, ya terkadang saat kita tidak pernah membayangkan sesuatu yang kita pikir tidak akan pernah terjadi namun malah menjadi kenyataan akan jauh lebih menyakitkan ketimbang sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa hal itu akan terjadi.

Perselingkuhan sangat menyakitkan, Ratna dikhianati, pengakuan demi pengakuan yang dilontarkan Rudi kian menyayat hatinya, bagaimana tidak, tidak ada satu wanita manapun yang hatinya tidak terluka jika mengetahui kekasihnya mencium wanita lain, sakit, rasanya pilu, rasanya hati sudah begitu sakit sampai tidak terasa lagi sakitnya seperti apa.. Tiap hari hanya ada air mata dan air mata..

Tapi Ratna itu memang aneh, kadang mungkin itu juga yang dialami sebagian dari kita, saat kita tau pasangan kita melakukan kesalahan (untuk yang belum menikah maksudnya), sepertinya lebih mudah untuk mengampuni semua kesalahan yang telah dibuatnya ketimbang harus memutuskan hubungan yang telah dijalaninya.. Ya itulah Ratna, ia memberi kesempatan untuk Rudi berubah, ia menerimanya kembali..

Kadang manusia suka naif, ia ingin mempertahankan apa yang ada padanya walau sesuatu yang ada padanya mungkin bukanlah yang terbaik. Dengan mengatasnamakan cinta untuk tidak melihat kenyataan yang sebenarnya, tetapi sekali lagi, cinta itu tidak buta, tetapi kadang kita sendirilah yang tidak mau melihat kenyataan yang sesungguhnya...

Teman-teman, berhati-hatilah dalam membangun suatu hubungan, jangan sampai cinta itu malah membawa hidup kita jadi uring-uringan. Carilah pasangan yang tepat, dan jangan lupa untuk melibatkan Tuhan dalam apapun yang kita lakukan...

Bagaimana dengan keputusan Ratna?? Benar atau salahkah?? Tapi hidup akan terus berputar, Tuhan pasti akan menggunakan waktu untuk menjawab apakah Rudi memang pasangan hidup Ratna atau bukan...

MINUM KOPI

Minum kopi dalam jumlah wajar bisa meningkatkan kemampuan otak, membunuh bakteri di mulut dan mencegah infeksi saluran kemih dan memperlambat penyebaran penyakit liver

KAUM PRIA YANG BERPOLIGAMI

Kaum pria yang berpoligami kesulitan untuk memenuhi semua kebutuhan para istri dan anak-anaknya sehingga hidup mereka tidak bahagia dan keluarga mengalami kesulitan keuangan. Demikian hasil studi di Malaysia.

Poligami sah menurut Islam, yang membuat lebih dari 60 persen populasi di Malaysia, mengizinkan pria Muslim untuk mengambil empat isteri.

Namun sejumlah aktivis dan kelompok perempuan menyatakan poligami telah keluar dari tujuan aslinya dalam Islam yaitu melindungi para janda dan anak yatim.

Sebuah studi yang dilakukan Sisters in Islam (SIS) menemukan bahwa mayoritas isteri pertama dan anak-anaknya dalam keluarga poligami tidak bahagia dengan situasi poligami itu. Namun para suami dan isteri yang lebih muda punya pandangan yang lebih positif. Riset itu juga mendukung pandangan aktivis bahwa istri pertama sering terlupakan setelah pria membentuk keluarga baru.

"Para suami yang paling beruntung dalam hal memenuhi keinginannya dan kepuasan dalam hidup. Dia memiliki akses ke lebih dari satu pasangan seksual setiap hari atau malam sedangkan istri mendapatkan giliran," kata studi tersebut.

Menurut data awal, lebih dari 90% dari 23 anak-anak di keluarga poligami yang diwawancara
bersumpah untuk tidak mempraktekkan poligami, dan dua pertiga dari istri pertama menentang praktek tersebut.

"Secara umum, hal ini berkaitan dengan fakta bahwa hak mereka untuk menuntut (waktu dan uang) dari suami mereka menjadi menurun karena ayah mereka kini memiliki keluarga lain," kat peneliti SIS Syarifatul Adibah Mohamad Jodi kepada AFP, Jumat (23/7/2010).

"Meskipun beberapa wanita mengatakan mereka tidak bahagia dalam pernikahan, mereka harus menerimanya. Mereka berada dalam posisi rentan, finansial atau emosional," katanya.

Namun, suami tidak sepenuhnya senang dengan situasi ini. Banyak dari mereka yang disurvei mengatakan mereka "paling sulit untuk memenuhi kebutuhan dari istri pertama dan anak-anak mereka".

Penelitian yang melibatkan wawancara ekstensif dengan 1.235 orang dari keluarga poligami itu secara resmi akan diterbitkan tahun depan.

SIS berharap riset itu akan memicu perubahan UU yang selama ini memungkinkan poligami berkembang di Malaysia. SIS memperkirakan bahwa sampai dengan lima persen dari pernikahan di Malaysia adalah poligami.

Adibah mengatakan bahwa reformasi harus mencakup kepastian bahwa istri pertama tidak dipotong secara finansial dan bahwa persetujuan mereka diperlukan sebelum suami mereka masuk ke dalam pernikahan kedua.

DARI MANA DATANGNYA KEBIJAKSANAAN

Seorang pencari kebijaksanaan datang menemui sang guru. "Anda hanya memiliki kesempatan untuk mengajukan tiga pertanyaan." Demikian kata sang guru. Orang tersebut mulai berpikir dalam agar tidak mengajukan pertanyaan yang tak berarti. Setiap pertanyaan yang akan diajukan haruslah dipertimbangkan secara masak, dan bisa menjawabi kehausannya akan kebijaksanaan.

Setelah beberapa menit berada dalam keheningan, ia membuka mulut: "Guru terhormat. Dari manakah datangnya kebijaksanaan itu?" Demikian ia mengajukan pertanyaan yang pertama.

"Kebijaksanaan datang dari pengalaman yang baik." Jawab sang guru tanpa berpikir panjang.

Sang pencari kebijaksanaan itu mulai lagi berpikir tentang "pengalaman yang baik" itu. Ia merenungkan semua pengalaman hidupnya di masa silam, namun ia tak tahu pengalaman mana yang bisa dikategorikan sebagai pengalaman yang baik.

Setelah berpikir cukup lama ia memberanikan diri untuk mengajukan pertanyaan kedua: "Guru yang bijaksana! Dari mana datangnya pengalaman yang baik ini?"

"Pengalaman yang baik datangnya dari suatu pertimbangan dan keputusan yang baik." Sang Guru menjawab cepat.

Pertimbangan dan keputusan yang baik. Orang tersebut merenungkan ucapan sang Guru. Ia tahu bahwa setiap keputusan harus diawali oleh suatu pertimbangan yang matang. Namun...apa yang harus dipertimbangkan? Ia bertanya diri. "Guru yang baik. Dari mana datangnya pertimbangan dan keputusan yang baik ini?" Demikian ia mengajukan pertanyaan yang terakhir.

"Pertimbangan dan keputusan yang baik datangnya dari setiap pengalaman yang buruk." Demikian jawab sang Guru.

--------------------

Temanku, setiap hari kita berhadapan dengan sejuta pengalaman yang tak ingin kita terima. Kehidupan berkeluarga mungkin berada di sebuah tepi jurang. Masyalah pekerjaan yang mungkin tak pernah teratasi. Kesehatan yang terganggu. Kehilangan orang yang kita cintai. Dan masih banyak lagi, anda bisa membuat sejuta litani pengalaman kepedihan yang datang menghadang setiap hari. Semua pengalaman ini seumpama sekeping batu, suatu bahan mentah yang menunggu proses pengolahan lebih lanjut agar menjadi barang berharga.

PEDOMAN HIDUP

Semoga ini boleh menjadi berkat dan Pedoman Hidup buat kita semua:

1. Manusia paling berbahaya adalah TUKANG GOSIP.
2. Senjata paling berbahaya adalah LIDAH.
3. Kebiasaan yang paling merusak adalah KUATIR.
4. Perasaan yang paling tidak berguna adalah RENDAH DIRI.
5. Kegagalan yang paling melumpuhkan adalah ALASAN YANG DIBUAT-BUAT.
6. Kondisi terburuk adalah jika anda TIDAK MEMPUNYAI HARAPAN.
7. Pakaian yang paling indah di dunia adalah SENYUMAN.
8. Sukacita terbesar adalah MEMBERI.
9. Pekerjaan paling memuaskan adalah MEMBANTU ORANG LAIN.
10. Komputer yang paling hebat adalah PIKIRAN MANUSIA.
11. Energi terbesar adalah dorongan SEMANGAT.
12. Obat tidur yang paling mujarab adalah PIKIRAN YANG DAMAI.
13. Dua kata yang penuh kekuatan adalah SAYA BISA.
14. Aset terbesar adalah "IMAN".
15. Alat komunikasi yang paling hebat adalah "DOA"

HIDUP ADALAH ANUGRA

Pada suatu hari ada seorang gadis buta yg sangat membenci dirinya sendiri. Karena kebutaannya itu. Tidak hanya terhadap dirinya sendiri, tetapi dia juga membenci semua orang kecuali kekasihnya.

Kekasihnya selalu ada disampingnya untuk menemani dan menghiburnya. Dia berkata akan menikahi gadisnya itu kalau gadisnya itu sudah bisa melihat dunia.

Suatu hari, ada seseorang yang mendonorkan sepasang mata kepada gadisnya itu Yang akhirnya dia bisa melihat semua hal, termasuk kekasih gadisnya itu .

Kekasihnya bertanya kepada gadisnya itu , ” Sayangggg … sekarang kamu sudah bisa melihat dunia. Apakah engkau mau menikah denganku?” Gadis itu terguncang saat melihat bahwa kekasihnya itu ternyata buta. Dan dia menolak untuk menikahi si pria pacar-nya itu yg selama ini sudah sangat setia sekali mendampingi hidupnya selama si gadis itu buta matanya.

Dan akhirnya si Pria kekasihnya itu pergi dengan meneteskan air mata, dan kemudian menuliskan sepucuk surat singkat kepada gadisnya itu, “Sayangku, tolong engkau jaga baik-baik ke-2 mata yg telah aku berikan kepadamu.”

* * * * *

Kisah di atas memperlihatkan bagaimana pikiran manusia berubah saat status dalam hidupnya berubah. Hanya sedikit orang yang ingat bagaimana keadaan hidup sebelumnya dan lebih sedikit lagi yang ingat terhadap siapa harus berterima kasih karena telah menyertai dan menopang bahkan di saat yang paling menyakitkan.

Hari ini sebelum engkau berpikir untuk mengucapkan kata- kata kasar Ingatlah akan seseorang yang tidak bisa berbicara.

Sebelum engkau mengeluh mengenai cita rasa makananmu, Ingatlah akan seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

Sebelum engkau mengeluh tentang suamimu, ingatlah akan seseorang yang menangis kepada Tuhan untuk meminta penyembuhan sehingga suaminya TIDAK LUMPUH seumur hidup.

Hari ini sebelum engkau mengeluh tentang hidupmu, Ingatlah akan seseorang yang begitu cepat pergi ke alam kubur dengan masih menyertakan kemiskinannya.

Sebelum engkau mengeluh tentang anak-anakmu Ingatlah akan seseorang yang begitu mengharapkan kehadiran seorang anak, tetapi tidak mendapatnya.

Dan ketika engkau lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu Ingatlah akan para penganguran, orang cacat dan mereka yang menginginkan pekerjaanmu.

Dan ketika beban hidup tampaknya akan menjatuhkanmu, pasanglah senyuman di wajahmu dan berterima kasihlah pada Tuhan karena engkau masih hidup dan ada di dunia ini.

Hidup adalah anugerah, syukurilah, jalanilah, nikmatilah dan isilah hidup ini dengan sesuatu yg bermanfaat untuk umat manusia.

NIKMATILAH dan BERI YANG TERBAIK DI SETIAP DETIK DALAM HIDUPMU, KARENA ITU TIDAK AKAN TERULANG LAGI untuk waktumu selanjutnya !!!

PILKADA MBD

Didukung sekitar 18 partai politik nonkursi (non seat) di DPRD Maluku Barat Daya, pasangan Jopie Patty dan Anos Jeremias resmi menyatakan diri ikut dalam pemilihan kepala daerah MBD masa bakti 2010-2015, 20 September nanti.

Adapun parpol pengusung pasangan kandidat dari kalangan birokrat dan politisi muda Golongan Karya (Golkar) ini, antara lain PKPB, PPIB, PBB, PPI, dan belasan partai lainnya yang mencapai 18 parpol. ‘’Perpaduan pasangan tua-muda, birokrat-politisi menjadi ukuran dan perhitungan parpol-parpol pengusung memberikan rekomendasi kepada pasangan Patty-Jeremias,’’ ungkap Poly Ulukyanan, Ketua DPD Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB) kepada pers, kemarin (13/8). Menurut dia, merujuk pada persyaratan pencalonan, koalisi parpol pengusung pasangan Patty-Jeremias telah mencapai 18 persen, atau melampaui 15 persen yang diamanatkan undang-undang pilkada, terutama UU no.32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP n.6 Tahun 2005 tentang Pilkada. Sementara itu, Jeremias yang dikonfirmasi Ambon Ekspres enggan berkomentar panjang lebar seputar pencalonan dirinya dengan Patty. Dia hanya menyerahkannya kepada proses politik yang lagi berjalan. ‘’Saat ini prosesnya masih berjalan, karena itu saya belum bisa berkomentar,’’ elak putra Kisar-Romang ini. Meski relatif muda, namun Jeremias sudah kenyang pengalaman di bilik organisasi kepemudaaan, organisasi politik Golkar, organisasi keolahragaan, dan keagamaan. Selanjutnya sosok Patty dinilai banyak kalangan cukup berhasil meletakkan dasar pembangunan di MBD setelah menjabat caretaker bupati mulai 18 September 2008 hingga 19 September 2009. Pengalamannya sebagai caretaker bupati di Seram Bagian Barat, Kepulauan Aru, MBD, dan Asisten I Tata Pemerintahan Provinsi Maluku menjadi amunisi utama mengapa pasangan ini layak memimpin wilayah yang dulu bernama Kepulauan Barat Daya ini 5 tahun ke depan.(ambon ekspres)

EKS HAKIM MK DUKUNG AWASI PARA HAKIM MK

JAKARTA - Wacana untuk mengawasi para hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) kembali mendapat dukungan. Kali ini, yang mendukung adalah Maruarar Siahaan, mantan hakim di mahkamah tersebut. Dia beralasan, kekuasaan MK yang absolut bisa membuat lembaga pimpinan Mahfud M.D. itu menyimpang.

Semua putusan MK, kata dia, bersifat final dan mengikat. Putusan di MK adalah peradilan tingkat pertama dan terakhir. Artinya, tanpa melalui banding, kasasi, dan peninjauan kembali (PK), putusan di MK sudah inkracht alias berkekuatan hukum tetap.

Padahal, tak ada yang mengawasi lembaga tersebut. ''Ingat, the power tends to corrupt, the absolute power corrupt absolutely,'' ujarnya saat ditemui di Hotel Kartika Chandra kemarin (14/8).

Apalagi, kata Maruarar, Mahfud M.D. pernah mengakui bahwa sejumlah pasangan calon pilkada yang beperkara di MK sempat berusaha menemui dirinya. Dia sempat ditawari sejumlah duit, bahkan hak pengelolaan hutan (HPH). Mahfud menegaskan menolak tawaran itu. Namun, dia tak menjamin bahwa penolakan serupa dilakukan hakim konstitusi lainnya. ''Apalagi seperti itu. Sudah jelas, memang harus ada pengawasan,'' ujar Maruarar.

Lelaki kelahiran Tanah Jawa, Sumatera Utara, itu menambahkan, hakim MK memiliki banyak latar belakang. Mulai latar belakang politik hingga akademis. Hal itu, kata dia, sangat berpotensi memengaruhi putusan-putusan yang dibuat. Dengan adanya lembaga pengawas, kredibilitas MK di masyarakat akan tetap terjaga.

Sejumlah hakim konstitusi di MK memang berasal dari unsur partai politik. Misalnya, Ketua MK Mahfud M.D. yang dulu berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), hakim konstitusi Hamdan Zoelva dari Partai Bulan Bintang (PBB), dan Akil Mochtar dari Partai Golkar.

Sejatinya, Komisi Yudisial (KY) sempat menjadi lembaga pengawas para hakim konstitusi. Namun, MK membatalkan pasal-pasal pengawasan dalam Undang-Udang KY pada 2006.

Menanggapi hal tersebut, hakim konstitusi Akil Mochtar menganggap tak perlu ada lembaga pengawas bagi para hakim MK. Menurut dia, pengawasan yang paling efektif justru pengawasan langsung dari publik. Yakni, media massa dan masyarakat yang bisa mengakses langsung semua putusan serta kebijakan MK, baik melalui situs resmi maupun datang langsung ke MK. ''Tapi kalaupun ada, silakan saja. Tapi, kan kita nggak usah latah-latahan lah,'' katanya.

Akil mencontohkan lembaga negara seperti presiden dan DPR. Dua lembaga itu, kata dia, juga tak memiliki lembaga pengawas. ''Apa DPR diawasin, apa presiden diawasin? Sebagai lembaga negara, nggak ada pengawas presiden. DPR siapa? Badan Kehormatan DPR, bukan pengawas itu,'' tegasnya.

Lagi pula, menurut dia, tidak terlalu susah mengawasi hakim MK. Sebab, jumlahnya hanya segelintir. Hanya sembilan hakim. (aga/c5/kum)

Minggu, 15 Agustus 2010

SIAP KEBUT SURABAYA UTARA

(tanggapan anda di wall group merupakan motrivasi & apresiasi tersendiri bagi kami, terima kasih)

SURABAYA - Suasana di kawasan Jalan Wonokusumo Senin malam lalu (9/8) meriah. Itu disebabkan pendukung pasangan Tri Rismaharini-Bambang Dwi Hartono mengadakan tasyakuran setelah pasangan tersebut dinyatakan KPU sebagai calon yang paling banyak mendapat dukungan warga Surabaya pada pilwali, yakni 40,9 persen.

Sejumlah elemen pun datang dalam tasyakuran yang juga dihadiri oleh Risma itu. Mereka, antara lain, forum DPC PAN Surabaya yang dimotori Aden Darmawan dan Yusuf Bardi. Hadir pula kader-kader PDIP, seperti Baktiono dan Hari Moekik. Ada juga tokoh masyarakat Semampir pendukung Risma-Bambang, Mat Mochtar.

Menurut Aden, tasyakuran tersebut dilakukan sebagai wujud terima kasih kepada warga Semampir, terutama Kelurahan Wonokusumo, yang telah memberikan suara yang cukup signifikan untuk Risma-Bambang.

''Memang masih kalah 7.000-an suara, namun tetap saja bisa dibilang menang. Sebab, sebelumnya kalah lebih dari 11 ribu suara,'' tutur ketua DPC PAN Gayungan tersebut. Dengan mempertipis margin kekalahan hingga 4 ribu suara, kemenangan pasangan Risma-Bambang pun semakin mantap.

Di bagian lain, cawali yang meraih suara terbanyak, Tri Rismaharini, juga menjabarkan konsep-konsepnya dalam memimpin Pemkot Surabaya. Salah satu yang akan dikerjakannya adalah menutup Sungai Pegirian dengan box culvert dan mendirikan sentra PKL di atasnya.

''Kami juga akan memberikan perhatian khusus kepada kawasan Surabaya Utara. Pemkot akan melakukan akselerasi pembangunan sehingga kawasan Surabaya Utara tak kalah dengan kawasan Surabaya yang lainnya,'' tegasnya. Salah satu program andalannya adalah memberdayakan ibu-ibu rumah tangga. (ano/c6/oni)

RAMADAN MEMURNIKAN KESEJATIAN PARIWISATA

Memasuki bulan suci Ramadan, industri pariwisata terkesan mengalami penurunan, khususnya geliat sektor rekreasi dan hiburan umum (RHU). Ada kecenderungan kepariwisataan untuk bersenang-senang (pleasure tourism) yang menyajikan hiburan dewasa, yang bertentangan dengan upaya-upaya untuk menyucikan diri selama bulan Ramadan. Fenomena tahunan yang memberatkan pelaku usaha dan pihak-pihak yang terkait dengan RHU itu tarik-menarik dengan peraturan yang berlaku, masyarakat, dan pemerintah.

Di Jakarta, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Arie Budhiman menyatakan, berdasar Surat Edaran Nomor 25/SE/2010, usaha hiburan, seperti kelab malam, diskotek, mandi uap, griya pijat, permainan mesin keping jenis bola ketangkasan, dan usaha bar yang berdiri sendiri serta yang terdapat di kelab malam, diharuskan tutup satu hari sebelum Ramadan, selama Ramadan, pada Hari Raya Idul Fitri, dan satu hari setelah Idul Fitri. Surat edaran itu dikeluarkan berdasar Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 10 Tahun 2004 tentang Kepariwisataan dan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 98 Tahun 2004 tentang Waktu Penyelenggaraan Industri Pariwisata di Provinsi DKI Jakarta. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Perhimpunan Pengusaha Rekreasi dan Hiburan Umum (PPRHU) Jakarta Adrian Maelite mengatakan mendukung kebijakan Pemprov DKI Jakarta itu (tempointeraktif, 20/7/10).

Di daerah lain, Surabaya misalnya, pengusaha RHU keberatan jika usahanya diwajibkan tutup selama sebulan penuh. Belum lagi tanggung jawab pengusaha untuk memberikan upah dan THR. Karyawan RHU pun terpaksa kehilangan nafkah selama sebulan penuh. Melihat kenyataan tersebut, baiklah kita arifi bersama.

Pengusaha sendiri pastinya telah menghitung untung rugi dan risiko bisnis manakala memutuskan untuk berinvestasi di dunia hiburan, termasuk risiko kehilangan pendapatan selama bulan suci Ramadan. Karena itu, sebagaimana bisnis umumnya dijalankan, antisipasi dan solusi bisnis yang bijaksana dan cerdas selayaknya telah ditemukan dan dijalankan untuk meng-cover biaya selama sebulan ini.

Justru pada momentum ini, kita melihat pentingnya penerapan Kode Etik Pariwisata sebagai landasan filosofis yang menggerakkan kesejatian pariwisata. Bahwa, pariwisata tidak sekadar dan hanya untuk bersenang-senang, dan masih banyak aspek serta kegiatan lain yang dapat diperoleh melalui berwisata selama Ramadan.

Kode Etik

Deklarasi Manila pada 1980, salah satunya, menyatakan bahwa pariwisata tidak boleh lagi mengabaikan permasalahan sosial. Desakan kepariwisataan yang beretika diikuti Deklarasi Rio de Janeiro (1992). Akhirnya, pada 1992, PBB menelurkan Kode Etik Pariwisata Dunia. Sejak itu, konsep dasar berwisata tidak lagi sekadar mengisi waktu luang dan membuang uang. Mantan Menbudpar I Gede Ardika menyebutkan, pariwisata dapat meningkatkan kualitas hidup dengan cara mempelajari budaya bangsa lain yang tangible dan intangible. Termasuk mempelajari kebijakan-kebijakan lokal yang dapat mengubah kehidupan (majalah Venue, April 2010, hal 87-88).

Kode Etik Pariwisata Dunia bertumpu pada sepuluh filosofi dasar. Pertama, pariwisata bertujuan membangun saling pengertian dan saling menghormati di antara penduduk dan masyarakat. Kedua, pariwisata merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas hidup. Ketiga, pariwisata adalah bagian dari pembangunan berkelanjutan. Keempat, pariwisata merupakan pengguna dan penyumbang pelestarian warisan budaya. Kelima, pariwisata adalah kegiatan yang menguntungkan bagi negara dan masyarakat penerima wisatawan. Keenam, terkait dengan kewajiban para pemangku kepentingan pariwisata. Ketujuh, tentang hak dasar berwisata. Kedelapan, terkait dengan kebebasan perjalanan bagi wisatawan. Kesembilan, soal hak pekerja dan pengusaha dalam industri pariwisata. Kesepuluh, menyangkut implementasi kode etik. Sepuluh idealisme itu diadopsi dalam UU 10/2009 tentang Kepariwisataan.

Masing-masing kita diajak untuk saling mengendalikan diri dengan memilih aktivitas berwisata yang memberikan penekanan berwisata untuk meningkatkan kualitas hidup. Kode Etik Pariwisata mengarahkan pengeluaran (spend of money) dan lama tinggal (length of stay) agar tidak hanya mengorientasikan kegiatan berwisata pada ranah pleasure. Sebaliknya, jika diterjemahkan sederhana, wisatawan diarahkan untuk getol mencari wawasan kebudayaan lokal di tanah air. Baik itu melalui kunjungan ke museum, ke desa-desa wisata, merasakan sensasi bersentuhan langsung dengan kesenian dan kebudayaan lokal di Indonesia, menikmati lezatnya kuliner Indonesia, heritage.

Namun, tidak dapat diartikan hanya dapat diterapkan pada klasifikasi low-end market. Justru segmen high-end, seperti sport tourism (khususnya golfer), medical tourism, wisata MICE (meeting, incentive, conference, exhibition), atau shopping, berpotensi memberikan kontribusi yang signifikan dalam penerapan Kode Etik Pariwisata ini.

Kode Etik Pariwisata sebagai refleksi memurnikan lagi kegiatan berwisata selama bulan suci Ramadan khususnya, dan momen-momen lain, sebenarnya bermanfaat untuk kebaikan wisatawan itu sendiri. Sebagaimana dianalisis Hermawan Kartajaya dalam studi kasusnya di Ubud, kegiatan berwisata pada dasarnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan intelligence quotient (IQ), emotional quotient (EQ), dan inner spiritual quotient (SQ) umat manusia.

Saat kita berwisata merupakan waktu yang kondusif untuk menggali dan menemukan ide-ide baru yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, dan itu berarti mempertajam IQ. Melalui hidup bersama komunitas global (ekspatriat dan turis) di tengah masyarakat yang plural, wisatawan dapat melatih EQ. Juga memanfaatkan waktu yang berharga dalam berwisata untuk membangun SQ. Bukan dalam arti spiritualitas keberagamaan, melainkan kesadaran jati diri kita sebagai manusia. Mari kita maknai lebih mendalam bahwa kegiatan berwisata selama bulan suci Ramadan tidak sekadar berorientasi pada kehendak untuk bersenang-senang. (*/c9/mik)

Oleh: DEWA GDE SATRYA*

*) Dosen dan peneliti pariwisata-R&D Surabaya Tourism Promotion Board

LESTARIKAN LINGKUNGAN DENGAN PENGHIJAUAN

Adanya berbagai perubahan kondisi dan kualitas lingkungan tentunya akan bisa berpengaruh buruk terhadap manusia. Beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan, khususnya bagi kesehatan masyarakat sendiri.

Manusia memang terkadang tenggelam dalam rangkaian kegiatan yang terlalu berlebihan dan tidak memperhatikan kepentingan lainnya. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan,telah mengakibatkan kemerosotan kualitas lingkungan yang begitu parah. Hal ini hendaklah menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dalam menata kembali wilayah Indonesia dari segala bentuk berbagai kerusakan lingkungan, disamping menciptakan dan membangun budaya masyarakat dalam berwawasan lingkungan.

Dalam konteks ini, tidaklah berlebihan jika gerakan ramah lingkungan pun bisa kembali digalakkan melalui Pemerintah Daerah (Pemda) kepada masyarakat secara menyeluruh. Sebab, dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup, sangatlah perlu adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat sendiri. Berbagai bencana alam yang sering melanda sebagian wilayah di negara kita pada dasarnya merupakan akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan.

Masalah lingkungan, seperti bencana banjir, bencana kekeringan, tanah longsor, kebakaran hutan, masalah sampah, dan meningkatnya kadar polusi udara merupakan masalah lingkungan yang bukan tergolong sepele. Betapa tidak? Sebab, tidak terselesaikannya atau berlarut-larutnya masalah lingkungan akan menghancurkan potensi pemenuhan generasi mendatang.

Pembangunan di berbagai daerah di Indonesia hendaklah bisa memperhatikan ekosistem di sekitarnya. Janganlah, eksistensi lingkungan dikesampingkan oleh dalih penataan kota tanpa menghiraukan kelestarian dan kenyamanan lingkungannya.

Menyikapi hal ini, sebagai rakyat Indonesia dan anggota masyarakat yang cinta lingkungan, paling tidak kita secara moral (etika) bisa ikut berpartisipasi pada setiap program yang berkait dengan kelestarian lingkungan hidup yang dicanangkan oleh pemerintah.


GALAKKAN PENGHIJAUAN

Upaya dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan, tidaklah hanya mengandalkan pemerintah saja, namun lebih jauh masyarakat pun mempunyai peranan penting dalam upaya mewujudkan hal itu. Di antaranya yaitu dengan pola pendidikan melalui berbagai penyuluhan-penyuluhan tentang pentingnya menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup.

Membangun kesadaran masyarakat yang mempunyai wawasan lingkungan yang luas merupakan “pilar” dalam menjaga kondisi lingkungan benar-benar jauh dari berbagai sumber pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Sebab, pada dasarnya masalah lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri.

Dengan pola pendidikan, melalui institusi pendidikan ataupun dengan penyuluhan langsung ke masyarakat dengan secara sungguh-sungguh akan terciptalah akar budaya masyarakat yang mempunyai kesadaran lingkungan yang tinggi. Artinya, etika lingkungan akan menjadi pondasi dalam setiap pembangunan di Indonesia.

Dengan etika lingkungan, kita tidak saja mengimbangi hak dan kewajiban terhadap lingkungan, tetapi lingkungan juga akan membatasi tingkah laku dan upaya mengendalikan segala bentuk kegiatan pembangunan agar tetap berada dalam batas-batas kepentingan lingkungan hidup kita.

Masyarakat yang berwawasan lingkungan dengan etika atau moral lingkungan yang tinggi benar-benar dibutuhkan dalam setiap pembangunan di Indonesia. Tak terkecuali adanya penegakan hukum lingkungan secara tegas dan terarah. Lebih jauh, dengan mengacu pada hal tersebut setidaknya wawasan lingkungan maupun ilmu pengetahuan dan teknologi akan mengarah pada pemeliharaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Masalah lingkungan, seperti halnya banjir, tanah longsor dan kelangkaan air bersih yang sering terjadi di sebagian wilayah di Indonesia, memang merupakan permasalahan global. Bukan saja menimpa Indonesia, namun di negara-negara lain pun juga ikut merasakan. Walaupun sering dilanda banjir di musim penghujan, Indonesia dalam waktu tertentu juga mengalami kelangkaan air bersih, terutama untuk keperluan pertanian. Hal ini merupakan bukti konkret akibat kurangnya kesadaran masyarakat kita dalam berwawasan lingkungan. Jika hal ini dibiarkan, ini akan berpengaruh pula terhadap kualitas kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Dengan demikian, reformasi sektor air menjadi suatu keharusan dalam mencapai tujuan pemenuhan hak (akses) atas air bagi semua. Di mana secara nasional tujuan ini secara global dicanangkan pemenuhannya pada 2015. Untuk itu, sangatlah perlu adanya evaluasi secara menyeluruh dan independen tentang swastanisasi (sektor swasta) air selama ini, juga dalam menganalisis kemungkinan alternatif bagi pelibatan konsumen.

Dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan di Indonesia diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayah Indonesia. Disamping adanya kesadaran masyarakat yang tinggi dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam rangka mengantisipasi dari segala bentuk pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Pembangunan Indonesia yang berwawasan lingkungan merupakan dasar dalam menciptakan suasana keindahan dan kenyamanan lingkungan, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia yang optimal.

JEMAAT HKBP KEBAKTIAN DI DEPAN ISTANA

Liputan6.com, Jakarta: Sekitar seribu jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) akan menghadiri Kebaktian Minggu di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Ahad (15/8) besok. Kebaktian Minggu yang digelar pukul 13.00 WIB itu juga akan dihadiri tokoh lintas agama.

Ketika dihubungi melalui telepon, Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia PGI Jeirry Sumampow mengatakan, Kebaktian Minggu digelar untuk meminta perhatian pemerintah atas pelarangan ibadah yang dilakukan sekelompok orang terhadap jemaat HKBP di Pondok Timur Indah, Bekasi, Ahad silam. Kebaktian sengaja dilakukan di depan Istana Merdeka sekaligus memanfaatkan momentum HUT Republik Indonesia [baca: Lagi, Jemaah HKBP dan Warga Ricuh]

"Harapannya biar mata pemerintah terbuka bahwa sekarang ini ada problem kebebasan beribadah. Beribadah seharusnya bisa di mana saja, tanpa harus ada izin," kata Jeirry.

Rencananya, Ketua Umum PGI Pendeta Andreas A. Yelangoew akan hadir dalam Kebaktian Minggu besok. Sedangkan yang mimpin kebaktian adalah Pendeta Siahaan dari HKBP. "Setelah kebaktian ini kami berharap negara bisa melindungi umat beragama yang ingin melaksanakan ibadah," ujar Jeirry.(ULF) - 14/08/2010 20:26

MONTIR YANG MENJADI FILSUF

Ada seorang montir yang suatu hari merasa dirinya lebih cocok jadi seorang filsuf, dia belajar filosofi sambil sementara itu rajin bekerja. Lalu lambat laun karena banyak membaca karya-karya para filsuf, maka dia merasa bahwa dirinya juga ditakdirkan sebagai seorang filsuf.

Akibatnya dia makin kurang menggunakan keterampilannya sebagai montir, malah dia lebih banyak berceloteh filosofi daripada bekerja. Akibatnya, yang tadinya dia montir terkenal yang banyak pelanggannya, lambat laun para pelanggan meninggalkan dia.

Sayangnya montir tersebut tidak merasa ada yang salah dengan dirinya, malahan dia pikir bengkelnya menjadi sepi karena bengkelnya kurang kreatif. Maka dia mulai menciptakan suatu kreasi-kreasi baru untuk bengkelnya. Dia mulai menciptakan alat-alat ukur/test untuk mobil-mobil pelanggannya di masa yang akan datang.

Tanpa disadarinya otaknya telah tercemar oleh karya-karya para filsuf. Maka dia mulai membuat alat-alat test untuk mobil-mobil tersebut dengan konsep-konsep filosofi. Dan dia berhasil membuat alat tersebut yang secara tekhnis otomotif adalah inovasi. Karena sebelumnya, belum pernah ada montir yang membuat alat test seperti itu.

Beberapa kawan montir dia ada yang memuji, mencela, mempertanyakan, meledek inovasi tersebut. Karena si montir sangat yakin dengan hasil karyanya dan juga semenjak dia mempelajari filosofi maka dia memiliki watak baru yang senang marah-marah, maka semua tanggapan teman-teman montirnya cuma dijawab dengan amarah.

Ada beberapa pelanggan yang memberanikan diri untuk mencoba di test menggunakan alat ukur/test kreasi baru dari si montir tersebut. Ternyata dengan alat barunya menghasilkan hasil pengukuran yang mengejutkan, lain dari yang lain. Terutama karena hasil pengetestan tersebut menyatakan bahwa; mobil tersebut tidak mempunyai nilai filosofi. Maka para pelanggan tersebut cuma bisa terbengong-bengong.

Sebelum sempat bengongnya hilang, si montir tersebut meminta bantuan kepada teman-teman montirnya yang masih setia untuk segera mereparasi mobil tersebut, agar mempunyai nilai filosofi dengan arahan dari si montir.

Hasil daripada reparasinya mobil tersebut menjadi sangat filosofis. Si pemilik mobil dengan heran dan berat hati terpaksa menerima mobilnya dalam keadaan begitu. Tetapi apa daya karena dia sudah membayar harga yang mahal dan dia merasa ini memang kebodohan dirinya kenapa dia merelakan mobilnya untuk di test dengan alat baru tersebut.

Sewaktu dia mengendarai mobil itu pulang ke rumah, memang benar mobilnya sudah menjadi seorang filsuf lebih banyak berpikir daripada berjalan, alias mogok-mogok melulu. (VL)

AKTIVITAS PELABUHAN YOS SUDARSO AMBON KEMBALI NORMAL

Pasca acara puncak Sail Banda 2010, aktivitas di pelabuhan Yos Sudarso Ambon kini kembali normal. Kegiatan bongkar muat di pelabuhan tersebut sudah berjalan seperti biasa. Penjagaan yang ketat oleh aparat keamanan pun tidak terlihat lagi.

“Memang Sail Banda sudah merupakan tanggungjawab kita bersama. Jadi dalam beberapa hari kemarin pelabuhan sempat disterilkan dari aktivitasnya karena ada puncak Sail Banda. Jadi mesti dipahami,” ujar Kepala Pelni Cabang Ambon, Bachtiar Rohim.

Sementara itu, sejumlah pengusaha lokal tiga hari menjelang puncak Sail Banda saat itu mengaku kecewa karena aktivitas di pelabuhan terhenti. “Kami tidak bisa mengambil barang, karena sejak tiga hari lalu aktivitas pelabuhan terhenti sementara,” ujar salah satu pengusaha yang enggan namanya disebut.

Hal yang sama diungkapkan pemilik toko pakaian dan sepatu di kompleks perdagangan Ambon Plaza. “Sudah tiga hari kontainer tidak dibongkar, jadinya banyak pengiriman barang pakaian dan sepatu yang tidak bisa diangkut keluar dari pelabuhan. Baru hari ini kita dapat,” katanya.

Kendati demikian, pemilik toko ini menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Sail Banda 2010. Menurutnya kegiatan Sail Banda bisa memajukan perekonomian Maluku.

“Kapan lagi Maluku akan maju kalau tidak dari sekarang kita mencoba. Saya salut dan dukung terhadap program pemerintah daerah Maluku ini. Kami rugi tidak seberapa, tapi keuntungan bagi daerah itu yang lebih penting,” timpal pemilik toko ini. (et)

MK TERIMA LAPORAN KPU

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menerima laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya yang berisi hasil pemilihan ulang di lima kecamatan plus dua kelurahan dan hitung ulang seluruh kotak suara. Lembaga pimpinan Mahfud M.D. itu mengupayakan sidang lanjutan bisa dilakukan minggu depan.

Panitera MK Zainal Arifin Hoesein menyatakan sudah menerima laporan tersebut dari KPU pada Selasa lalu (10/8). Pada laporan itu, kata dia, sudah tidak ada masalah. Semua beres. ''Laporannya komplet. Ada laporan pemungutan suara ulang, juga ada laporan penghitungan ulang semua kotak suara,'' kata Zainal saat ditemui di gedung MK kemarin (11/8).

Saat ini, kata Zainal, panitera sedang menelaah laporan tersebut untuk diteruskan ke para hakim konstitusi yang kemudian mengadakan rapat permusyawaratan hakim (RPH). Panitera, kata dia, sedang berupaya agar sidang tentang hasil pelaksanaan putusan sela MK itu segera diadakan. ''Tidak usah lama-lama lah. Saya usahakan minggu depan sudah sidang,'' ujarnya.

MK juga menerima laporan pelanggaran pelaksanaan pemilu ulang dari Panitia Pengawas (Panwas) Kota Surabaya. Laporan itu, kata Zainal, akan turut diserahkan kepada para hakim konstitusi. Apabila pelanggaran tersebut tergolong serius, kata dia, MK bisa membuka lagi sidang gugatan terhadap hasil pemilu ulang tersebut. ''Tapi, kalau pelanggarannya tidak signifikan, langsung sidang dengan agenda putusan terhadap hasil yang dilaporkan,'' katanya.

Bagaimana sikap MK jika kubu pasangan calon wali kota-wakil wali kota Arif Afandi-Adies Kadir (Cacak) kembali menggugat hasil tersebut? Zainal mempersilakan. MK, kata dia, tetap akan menerima. Namun, apakah itu akan ditindaklanjuti dengan kembali menyelenggarakan sidang atau tidak, dia tidak bisa memastikan. Keputusan itu akan dibicarakan dalam RPH.

Zainal menambahkan, sangat jarang laporan pelaksanaan putusan sela ditindaklanjuti dengan sidang gugatan lagi. Sebab, biasanya tingkat pelanggaran pada pelaksanan putusan sela, baik pemungutan ulang maupun penghitungan ulang, cukup rendah dan tidak signfikan. Bahkan, meski calon yang kalah kembali menggugat, MK bergeming. Sidang langsung menetapkan raihan suara yang dilaporkan KPU.

Zainal mencontohkan pilbup Lamongan yang dimenangi pasangan bupati-wakil bupati Fadeli-Amar Saefuddin (Faham). Dari semua putusan sela yang diberikan, hanya dua pilkada yang membuat MK harus menggelar sidang gugatan lagi. Yakni, pilkada Konawe Selatan dan Bengkulu Selatan. Sisanya, MK bablas, langsung menetapkan laporan KPU.

Pelanggaran yang signifikan, kata Zainal, adalah pelanggaran yang betul-betul bisa mengubah pemenang pilkada tersebut. Selain itu, harus ada unsur sistematis dan terstruktur. Yakni keterlibatan aparat pemerintah dalam mendukung pasangan tertentu. Jika hanya pelanggaran kecil, dia tidak yakin hakim akan merekomendasikan sidang gugatan lagi. ''Biar yang menang langsung dilantik,'' katanya. (aga/c1/oni)